Mohon tunggu...
Nabilah Firda Farkhani
Nabilah Firda Farkhani Mohon Tunggu...

Member of UIN Maliki Malang, phychology

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Plegmatis Adalah Aku

6 Oktober 2014   15:00 Diperbarui: 17 Juni 2015   22:12 32418 0 0 Mohon Tunggu...

Plegmatis adalah satu dari 4 karakter manusia, yaitu yang pertamaSanguin (Si Populer), Koleris (Si Kuat), Melankolis(Si Sempurna), dan yang terakhir Plegmatis (Si Cinta Damai). Sanguin (Si populer) terkenal dengan banyak omongnya, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta mengusasai pembicaraan, memiliki hasrat untuk bersenang senang yang tinggi, mereka suka akan ketenaran, perhatian, kasih sayang, dan dukungan dari orang lain. Negatifnya, orang tipe sanguis umumnya berfikiran pendek, sulit berkonsentrasi dan tidak teratur. Korelis (Si Kuat) Tipe biasanya suka mengatur dan memerintah orang. Orang korelis suka akan tantangan, sang suka berpetualang, mereka juga tegas. Tak heran banyak dari usahanya yang sukses karna memang sifatnya yang juga pantang menyerah dan juga pantang mengalah. Mereka suka akan kontoversi dan pertengkaran, bertolak belakang dengan dengan plegmatis yang cinta damai, sifat mereka juga kurang bersimpatin dengan sesama. Selanjutnya Melankolis ( Si Sempurna ), tipe orang ini merupakan orang yang pemikir, sensitip, romantis. Mereka yang memliki karakter melankolis juga meliliki rasa empati yang tinggi, mereka merupakan orang yang perasa sehingga mereka memahami perasaan orang lain. Namun disisi lain, mereka kaum melankolis melankolis umumnya tertutup, bila mereka memiliki masalah, lebih memilih untuk dipendam, kalaupun dibagi, pastilah dibagi dengan orang yang paling dipercaya entah keluarga ataupun teman. Sampai disini apakah ada salah satu karater diatas yang mencirikan diri kamu? Selanjutkan kita bahas bagaimana karakter plegmatis itu.

Karena kesetiaannya dan menghindari konflik, mereka yang bertipe plegmatis sering disebut sebagai si Cinta Damai. Kaum plegmatis umumnya menghindari konflik, bagi mereka Perdamaian itu nomer satu, perdamaian perdamaian, perdamaian dan perdamaian. Mereka juga baik hati, meliliki pribadi yang tenang, rendah hati dan juga penyabar, terlihat kalem, mempunyai daya humor yang tinggi, menyenangkan untuk diajak gaul. Karakter plegmatis merupakan pendengar yang baik, sehingga banyak orang yang berkeluh kesah dengannya. Karena mereka adalah tipe pendengar, mereka senang mendengarkan cerita atau keluh kesahan orang lain. Dibalik sifatnya yang ramah, si plegmatis juga memiliki kelemahan. orang plegmatis orang simple, tidak mau melibatkan diri dalam konflik bahkan konflik di dirinya sendiri alias pengen mudahnya kalau ada yang mudah untuk apa dipersulit? Kalau disuruh mengambil keputusan sering kali ditunda tunda, sedikit egois dan penakut.

PLEGMATIS :

KEKUATAN :

- Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh

- Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik

- Tidak banyak bicara, tetapi cenderung bijaksana

- Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi)

- Kuat di bidang administrasi, dan cenderung ingin segalanya terorganisasi

- Penengah masalah yg baik

- Cenderung berusaha menemukan cara termudah

- Baik di bawah tekanan

- Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan

- Rasa humor yg tajam

- Senang melihat dan mengawasi

- Berbelaskasihan dan peduli

- Mudah diajak rukun dan damai

KELEMAHAN :

- Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/ kegiatan baru

- Takut dan khawatir

- Menghindari konflik dan tanggung jawab

- Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar)

- Terlalu pemalu dan pendiam

- Humor kering dan mengejek (Sarkatis)

- Kurang berorientasi pada tujuan

- Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri

Dari 4 tipe yang ada tidak ada yang lebih bagus atau lebih jelek, sebab masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan. Dalam kehidupan kita sehari-hari, akan berhubungan dengan 4 macam kepribadian manusia yang berbeda-beda. Sehingga setelah mengetahui perbedaan itu, diharapkan bisa timbul rasa saling memahami antar sesama :)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x