Mohon tunggu...
muhammad nurul
muhammad nurul Mohon Tunggu... Guru - Penulis Baru

Instruktur di Balai Latihan Kerja Pasaman Barat - Senang bermain dengan kata, semoga apa yang diketik bisa membawa manfaat untuk sesama. Insya Allah.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Musim Haji dan Berkah Rezeki: Menjemput Peluang Usaha yang Penuh Makna

25 Mei 2024   06:00 Diperbarui: 25 Mei 2024   06:30 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri diolah via canva

Musim Haji dan Berkah Rezeki: Menjemput Peluang Usaha yang Penuh Makna

Musim haji, tak hanya diwarnai lantunan doa para jemaah di tanah suci. Di kampung halaman, semangat berbagi dan kemeriahan Idul Adha turut membawa angin segar, tak terkecuali bagi para pebisnis. Bulan penuh berkah ini menawarkan peluang usaha yang tak hanya menguntungkan, tapi juga penuh makna.

Sebagai penulis profesional, mungkin kita terbiasa merangkai kata untuk cerita fiksi atau artikel informatif. Namun, di bulan haji ini, ada baiknya kita juga mengasah ketajaman bisnis. Mengapa?

Mari kita bayangkan. Para jemaah haji yang mempersiapkan diri, keluarga yang sibuk mencari hewan kurban, dan masyarakat yang bersiap menyambut hari raya. Ini adalah ekosistem dinamis yang membutuhkan berbagai layanan dan produk. Di sinilah kreativitas Anda sebagai penulis bisa bersanding dengan jiwa wirausaha yang jeli.

Menyediakan Perlengkapan Ibadah


Tak usah muluk-muluk. Kita bisa mulai dengan menawarkan perlengkapan ibadah haji dan umroh. Perlengkapan seperti kain ihram, mukena travel, tas haji, hingga sepatu khusus bisa jadi ladang cuan. Namun, jangan hanya terpaku pada penjualan. Anda bisa membuat konten informatif tentang "Perlengkapan Wajib Haji yang Tak Boleh Dilupakan" atau "Tips Memilih Kain Ihram yang Nyaman." Dengan begitu, Anda tak hanya berjualan, tapi juga membantu calon jemaah mempersiapkan diri dengan baik. Bukankah ini bentuk kontribusi yang bermakna?

Menyuguhkan Rasa dari Tanah Suci

Rindu pada jemaah yang sedang beribadah? Obati kerinduan itu dengan menawarkan makanan dan minuman khas Arab. Kurma, zamzam, hingga kacang arab bisa Anda jadikan parcel Idul Adha yang cantik. Lengkapi dengan cerita singkat tentang keutamaan kurma atau khasiat air zamzam. Ini tak hanya mengenyangkan perut, tapi juga memberi sentuhan spiritual pada bingkisan Anda.

Merangkai Jasa

Bagi yang memiliki keahlian menulis dan public speaking, Anda bisa menawarkan jasa menulis doa untuk para jemaah haji. Selain itu, jasa menulis kartu ucapan Idul Adha yang personalized bisa menjadi pilihan. Tulisan yang menyentuh dan sarat makna akan membuat bingkisan Idul Adha semakin istimewa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun