Mohon tunggu...
muhammad nurul
muhammad nurul Mohon Tunggu... Guru - Penulis Baru

Instruktur di Balai Latihan Kerja Pasaman Barat - Senang bermain dengan kata, semoga apa yang diketik bisa membawa manfaat untuk sesama. Insya Allah.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

HUT Ke-20 Pasaman Barat: Rangkaian Kegiatan Pesta Rakyat

5 Januari 2024   06:00 Diperbarui: 5 Januari 2024   06:30 478
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokpri diolah via canva

Dirgahayu Kabupaten Pasaman Barat, ya esok tepatnya tanggal 7 Januari 2024, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) tepat berumur 20 tahun sejak resmi ditetapkan sebagai Kabupaten Baru di tahun 2004. 

Sejak terpisah dari kabupaten induk Pasaman, Pasaman Barat mulai melihatkan pembenahannya seperti infrastruktur, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.

Setiap perayaan HUT Pasbar pemerintah daerah mengadakan beberapa kegaitan unutk memeriahkannya. Bahkan kegiatan-kegiatan ini sudah dilaksanakan mulai dari 2 Januari lalu.

Sumber: poster kegiatan oleh diskominfo pasbar dalam rangka HUT Pasbar ke 20
Sumber: poster kegiatan oleh diskominfo pasbar dalam rangka HUT Pasbar ke 20

Kegiatan yang di laksanakan hampir 1 minggu ini nantinya akan ditutup dengan tradisi makan bajamba. Makan bajamba atau juga disebut makan barapak adalah tradisi makan dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau. 

Nantinya arakan-arakan makanan akan dibawa oleh perempuan-perempuan perwakilan dari masing-masing OPD ke Balairung tuah anak nagari. Dan setelah sidang paripurna digelar, seluruh tamu undangan akan duduk bersama menyantap makanan yang dihidangkan. 

HUT Pasbar memang dijadikan sebagai pesta rakyat Pasaman Barat. Dengen keterbatasan anggaran, tahun ini HUT Pasbar tidak menyelenggarakan bazar umkm. Biasanya bazar ini adalah hal yang sangat dinanti oleh masyarakat. Pasalnya mereka bisa berburu makanan, pakaian, aksesoris dan lainnya dari berbagai macam daerah. Penjual yang menjajakan dagangannya tidak saja dari dalam daerah namun luar daerah.

Namun kegiatan lain pengganti dari bazar tersebut tetap menjadikan warga pasbar antusias memeriahkan HUT daerahnya.

Sumber: Logo resmi 20 Tahun Pasaman Barat Oleh Diskominfo Pasbar
Sumber: Logo resmi 20 Tahun Pasaman Barat Oleh Diskominfo Pasbar

Ditulis di Pasaman Barat, 5 Januari 2024

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun