Mohon tunggu...
muhammad nurul
muhammad nurul Mohon Tunggu... Guru - Penulis Baru

Instruktur di Balai Latihan Kerja Pasaman Barat - Senang bermain dengan kata, semoga apa yang diketik bisa membawa manfaat untuk sesama. Insya Allah.

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Apakah Legalitas Parkir Liar Benar-Benar Diperlukan?

5 Desember 2023   06:00 Diperbarui: 5 Desember 2023   06:16 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
doc: koleksi pribadi diolah melalui canva

Masalah parkir liar ini memang menjadi masalah serius yang perlu solusi yang tepat. Lalu apakah legal parkir liar memang menjadi solusi terbaik untuk menertibkan?

Masalah parkir ini tidak lain penyebanya adalah bertambahnya penggunaan jumlah pengguna kendaraan. Korlantas Polri mencatat jumlah populasi kendaraan bermotor di Indonesia yang aktif sampai periode 9 Februari 2023 mencapai 153.400.392 unit. Angka tersebut mencakup 147.153.603 unit kendaraan pribadi yaitu 127.976.339 unit sepeda motor (87 persen) dan 19.177.264 mobil pribadi. 

Bisa dibayangikan berapa banyak jumlah kendaraan yang ada? dan hal ini tidak sebanding dengan jumlah lahan parkir yang ada terutama pada tempat-tempat keramaian, seperti pasar tradisional bahkan mall sekalipun. Walaupun sudah ada gedung parkir di Mall kadang tidak mampu menampung jumlah kendaraan pengunjung yang datang.

Lalu apakah solusi melegalkan parkir liar menjadi satu-satu solusi?

Menurut penulis ada beberapa cara selain cara di atas. Salah satu solusi lain adalah galangkan menggunakan kendara umum. Cara ini merupakan solusi terbaik, selain menjadi cara untuk menurunkan penggunaan kendaraan pribadi, berpergian dengan kendaraan umum menjadi solusi untuk menurunkan polusi yang ada. Dengan syarat kondisi keamanan, ketersediaan dan fasilitas yang memadai di kendaraan umum harus benar-benar diperhatikan.

Penggunaan kendaraan umum secara masif akan berdampak pada kondisi dipekotaan, macet di kota akan sedikit terurai. 

Penulis : Muhammad Nurul - Pasaman Barat, 5 Desember 2023

Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun