Mohon tunggu...
Sayeed Kalba Kaif
Sayeed Kalba Kaif Mohon Tunggu... -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

“Demi langit yang mempunyai jalan-jalan” (QS. Adz-Dzariyat:7)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Mengintip Sholat Jumat di Sebuah Kampung Arab-Jeddah, KSA

4 Maret 2016   21:27 Diperbarui: 5 Maret 2016   01:02 736 16 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="jemaah sehabis usai jumatan turun dari lantai atas, ada pohon kelapa ya.."][/caption]Sholat jumat bagi umat Islam adalah wajib khusus nya bagi laki-laki dewasa yang memenuhi syarat, tak heran karena diwajibkan, setiap tiba waktunya sholat jumat di sekitar tempat tinggal saya disalah satu district di Jeddah selalu ramai oleh suara Imam Masjid yang sedang berceramah di Masjid,

Allhamdulillah disekitar tempat tinggal saya dalam  radius 500 meteran ada tiga masjid yang menyelenggarakan sholat jumat.[caption caption="tki Pakistan ckp bnyk yg jumatan"]

[/caption]Yang biasa saya pilih biasanya masjid yang paling jelek diantara 3 masjid tersebut karena faktor kepraktisan saja, selain dekat,masjid ini ceramahnya agak telat, jadi bagi yang bangun kesiangan atau datang jam sekitar 12.15 tengah hari,masih sempat sholat jumat, makhlum hari jumat adalah hari libur bagi orang Saudi Arabia.

[caption caption="baru selesai jumatan"]

[/caption]

Tidak ada yang istimewa saat sholat jumat di masjid ini selain minimnya jumlah tki dari Indonesia, dulu biasanya sempat ngobrol-ngobrol dengan sesama tki jika sehabis sholat jumat, sekarang sangat jarang dijumpai tki sholat jumat, ini karena kesuksesan pemerintah kita dengan adanya moratorium untuk tki sopir rumah dan prt tahun 2011 yg dulu.

[caption caption="sudut lain masjid "]

[/caption]Di masjid ini favorite-ku adalah dilantai atas, karena lantai bawah biasanya sudah penuh, makhlum masjidnya agak kecil tapi masih bisa menampung sekitar 200 jemaah.

Karena khotbah dalam bahasa arab jadi tidak begitu menyimak tema apa yang dibicarakan, paling kalau Imam Masjid lagi berdoa kita mengamini saja.

Mengenai kewajiban dan keutamaan sholat jumat sudah tau kan, yang tidak diwajibkan adalah bagi yang sedang musafir, atau sakit atau sedang wukuf di Arafah saat Haji, jadi yang ini cukup dengan sholat dhuhur.

[caption caption="jemaah sholat diluar sehabis jumatan"]

[/caption]Sementara keutamaan sholat jumat adalah doa kita diampuni dari minggu yang lalu hingga hari ini, juga mudahnya dikabulkan doa kita saat jumaatan.

Keutamaan sholat jumat juga hari saat nabi Adam diciptakan dan juga saat wafatnya,sementara bagi yang meninggalkan sholat jumat ada hadish bijak yang mengatakan sbb:

“Shalat Jumat itu adalah kewajiban bagi setiap muslim dengan berjamaah, kecuali (tidak diwajibkan) atas 4 orang. [1] Budak, [2] Wanita, [3] Anak kecil dan [4] Orang sakit.” (HR Abu Daud)

Dalil-dalil tersebut menunjukkan kewajiban melakukan shalat jum’at bagi lelaki muslim. Jika kewajiban itu ditinggalkan, maka ia mendapatkan dosa besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan