Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis Lepas, Blogger dan Bidang Sosial

Blogger, Penulis , Traveller

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Inilah Cara Registrasi untuk Dapatkan Diskon Tiket KAI bagi Lansia

17 Agustus 2019   16:09 Diperbarui: 18 Agustus 2019   07:56 0 7 5 Mohon Tunggu...
Inilah Cara Registrasi untuk Dapatkan Diskon Tiket KAI bagi Lansia
Antrean tiket di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).|KOMPAS.com/Cynthia Lova

Pada awal Agustus 2019, KAI mengeluarkan pengumuman bahwa mulai tanggal 1 Agustus 2019 untuk keberangkatan mulai 1 September 2019 akan menggunakan sistem ticketing baru.

Bagi yang berhak atas reduksi (lansia, TNI, Poltri, Veteran), pemesan tiket keberangkatan tanggal 1 September 2019 harus melakukan registrasi terlebih dulu.

Sebelumnya, saya tak pernah menggunakan fasilitas reduksi atau diskon lansia sebesar 20%, walaupun usia saya sudah "eligible" atau berhak untuk mendapatkannya. Alasannya, saya malas membeli tiket dengan diskon karena satu-satunya jalan harus datang sendiri ke Gambir.

Saya hitung biaya untuk pulang pergi ke Gambir membuat diskonnya jadi habis. Waktu untuk mondar mandir dari rumah menuju Gambir, cukup jauh dan macet. Jadi pertimbangan diskon dibandingkan dengan biaya dan waktu, lebih baik beli secara "online", mudah dan cepat.

Sumber gambar: KAI.com
Sumber gambar: KAI.com

Rupanya kebijakan baru yang diambil KAI itu mungkin karena "membludaknya" lansia, TNI, Polri, Veteran yang datang ke Gambir dengan membeli tiket secara diskon. Antisipasinya yang diambil adalah dengan melakukan registrasi dulu di Gambir sebelum mendapatkan diskon.

Dengan rasa penasaran yang tinggi, saya pun yang biasanya enggan mengantre akhirnya mencoba untuk melihat proses registrasi sekalian saya ingin memesan tiket kereta untuk keberangkatan September.

Berangkat pagi-pagi sekitar jam 7.15 dari rumah dan tiba di Gambir sekitar jam 8.15, sebagian besar dari petugas KAI rupanya sedang upacara Kemerdekaan.

Untunglah, setelah saya menuju Customer Service di area kedatangan, saya segera mengantre. Antrean belum panjang, hanya 5 orang. Ternyata hanya menulis nama, handphone dan nomor KTP di selembar kertas, lalu saya di foto di depan petugas.

Namun, saya masih penasaran dan bertanya kepada petugas: "Mbak, saya mau memesan tiket sekarang untuk keberangkatan September tapi dengan sistem baru (diskon)."

Jawab petugas: "Oh, Ibu harus ke dalam untuk registrasi segera supaya waktu memesan, nama ibu sudah ada."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x