Mohon tunggu...
Eki Tirtana Zamzani
Eki Tirtana Zamzani Mohon Tunggu... Pendidik yang mengisi waktu luang dengan menulis

Guru yang mengajar di kelas diperhatikan oleh 25-30 siswa, apabila ditambahi dengan aktivitas menulis maka akan lebih banyak yang memperhatikan tulisan-tulisannya. ekitirtanazamzani.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Diskusi Online Tips Menulis di Blog Warga "Kompasiana"

20 Mei 2019   22:52 Diperbarui: 20 Mei 2019   23:50 0 1 1 Mohon Tunggu...
Diskusi Online Tips Menulis di Blog Warga "Kompasiana"
Dokumen Pribadi

Diskusi online di group whatss app penerbit buku Mitra Karya berjalan seru (Minggu, 19-05-2015). Tema yang diusung adalah bimbingan artikel online dengan narasumber Eki tirtana zamzani (ETZ). Kompasianer yang bekerja sebagai guru dan tinggal di kota Mojokerto. Acara ini dipandu oleh moderator Alfy Faiza (AF) Mahasiswi Universitas Islam Negeri Yogyakarta. Acara ini diselenggarakan oleh sekolah menulis online (SMO) Mitra Karya Tuban. Pesertanya tidak dipungut biaya alias gratis. Ilmu yang didapatkan peserta tentang menulis tentu tidak kalah dengan diskusi yang yang diadakan di gedung.

Moderator Alfy Faiza merupakan alumni SMO. Dia berhasil mendapatkan peringkat satu. Sehingga dia ditarik oleh management SMO untuk menjadi bagian dari SMO. Diskusi online kali ini membahas mengenai media warga kompasiana. Bagaimana tips-tips yang bisa diberikan oleh narasumber sehingga bisa menulis di kompasiana sebanyak 200 artikel? Ikutilah pembahasan diskusi online pada acara kemarin sore dari pukul 15.30-21.00 WIB dibawah ini:

AF       : Alhamdulillah sore ini kita bisa berjumpa di bedah buku yang kesekian kalinya, dan akan terus berlangsung bersama keluarga besar SMO mitra Karya. Narasumber kita kali ini sosok yang sangat handal dalam penulisan artikel dari berbagai genre. Mungkin semuanya telah membaca sekilas profil beliau di resume. Saya punya lebih lengkapnya. Silakan untuk dibaca dan semoga segera mengenal.

AF       : Pasti semua penasaran apa sih itu blog kompasiana? Bagaimana cara bergabungnya? Dan seterusnya. Nanti kita langsung simak penjelasan dari narasumber. Saya persilahkan kepada mas Eki Tirtana Zamzani

Selamat sore teman-teman. Terimakasih telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi narasumber pada bimbel online artikel kali ini. Disini saya juga sama seperti teman-teman yang masih ingin belajar untuk bisa menulis dengan baik. Kebetulan saja saya lebih dahulu bergabung dengan blog warga kompasiana. Sehingga bisa tahu sistem bekerjanya kompasiana mulai dari artikel terbaru sampai bisa menjadi headline.  

ETZ    : Kompasiana adalah blog warga milik media massa kompas. Cara daftarnya pengunjung membuat akun di kompas.com. Kemudian ikuti petunjuk-petunjuk yang tertera disana. Setelah terdaftar, pengunjung bisa memosting tulisannya di kompasiana. Kompasiana menerima berbagai macam bentuk tulisan. Kita bisa menuliskan catatan harian, informasi tempat wisata, pendapat mengenai isu terkini atau menulis karya fiksi seperti cerpen dan puisi. 

Apakah ada seleksi artikel di kompasiana? Kompasianer (sebutan penulis di kompasiana) yang memosting tulisan akan masuk daftar artikel terbaru. Setelah itu admin kompasiana akan memeriksa tulisan itu untuk dijadikan artikel pilihan. Jika kualitas isi artikel tersebut bagus dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Maka artikel tersebut akan berkesempatan tampil di halaman depan kompasiana.com.

AF   : Dari pemaparan Mas Eki pasti semuanya merekam banyak pertanyaan yang ingin diutarakan. Saya buka penanya. Silahkan sebutkan nama dan asal daerah. Kemudian ketikkan pertanyaanya!

Islahul Ummah dari Lampung : Konsep kerja sama kompasiana online? Ada grup khususnya di dunia maya? Atau ada acara khusus untuk tatap muka? Atau bagaimana?

ETZ   : 

  1. Mungkin maksut mbak Islahul adalah apa penulis di kompasiana mendapatkan imbalan berupa materi jika memposting tulisan?"Dahulu tidak ada. Sekarang ada program e-money. Biasanya bisa di ambil setiap bulan berdasarkan keterbacaan artikel.
  2. Group khusus di dunia maya tidak ada.
  3. Untuk ajang khusus tatap muka biasanya diadakan di akhir tahun. Namanya ajang kompasiana awards. Penganugerahan piala penghargaan bagi kompasianer yang aktif menulis dan tulisannya bagus.

Lis siti aisyah : Maaf Ka boleh menambahkan? Saya bagian dari kompasianer. Hehe.. meskipun belum konsisten banget menulis di kompasiana. Tapi yang saya tahu kompasiana sering kumpul bareng gitu ya sesama kompasianer. Terus selain pilihan biasanya ada juga hideline itu biasanya di share di akun kompasiananya langsung di FB.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5