Eki Tirtana Zamzani
Eki Tirtana Zamzani Pendidik

Guru yang mengajar di kelas diperhatikan oleh 25-30 siswa, apabila ditambahi dengan aktivitas menulis maka akan lebih banyak yang memperhatikan tulisan-tulisannya. ekitirtanazamzani.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Peran Wanita bagi Kehidupan Laki-laki

9 Juni 2018   22:12 Diperbarui: 9 Juni 2018   23:41 665 1 0

Dunia ini sepi tanpa kehadiran seorang wanita yang menemani kehidupan kita. Dibalik keberhasilan seoarang laki-laki ada peran seorang wanita pasangannya. Wanita itu bisa menjadi motivasi laki-laki untuk menjalani kehidupan di dunia. Dan bisa juga menemani laki-laki untuk mewujudkan kebahagiaan dalam kehidupan bersama pada bahtera rumah tangga.

Bayangkan saja apabila semua manusia berjenis kelamin yang sama. Maka dalam kehidupan ini tidak ada yang menarik. Karena tidak ada tantangan bagi laki-laki untuk bisa menaklukan hati wanita yang disukainya. Hidup akan terasa hampa dan tidak ada hiburannya sama sekali.

Terkadang ada seorang laki-laki yang merasa tenang dengan kehidupan kesendiriannya. Meskipun sudah usia matang untuk berumah tangga. Dia merasakan kebahagiaan karena tidak ada tanggung jawab untuk menafkahi keluarganya. Sehingga bisa bebas ketika ingin berpergian kemana saja bersama teman-temannya. 

Dia merasakan bahwa masih bisa hidup mandiri dengan uang yang diperoleh dari bekerja. Sehingga masih belum membutuhkan pasangan hidup. Akhirnya dia bisa menikmati zona nyaman yakni hidup dengan kesendirian.

Namun ketika ketika kita berfikir lagi tentang masa depan. Kita tidak selamanya menjadi pemuda. Yang artinya bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Ada suatu masa dimana kita tidak bisa melakukan apa-apa. Yakni ketika kita pada usia uzur. Itulah pentingnya adanya pendamping hidup.

Dan dengan berani untuk mengambil keputusan untuk melepas masa lajang dengan berumah tangga. Kita bisa memiliki keturunan yakni anak-anak. Sehingga mereka bisa kita jadikan tempat untuk menyandarkan diri ketika kita sudah beranjak tua. 

Kemungkinan terburuk  apabila kita tetap sendiri/melajang hingga masa tua. Yakni  suatu saat kita bisa saja hidup di panti jompo. Kita dirawat oleh orang lain bukan dari keluarga kita sendiri. Sehingga kita bisa menilai pasti rasa kasih sayangnya akan berkurang. Karena kita dirawat oleh orang lain.

Tipe-tipe Wanita

Wanita yang pertama ada dalam kehidupan kita yaitu ibu. Ibu adalah orang yang melahirkan dan membesarkan kita dengan rasa tulus dan kasih sayang. Ibu harus bisa mendidik anak-anaknya ke arah yang lebih baik. Ibu adalah sekolah pertama bagi balita (bayi dibawah usia lima tahun). Seorang ibu akan mengajari mereka untuk berjalan, berbicara, dan membedakan perbuatan baik dan buruk. Jasa dari ibu kita patut untuk selalu kita kenang dan akan kita balas nantinya.

Setelah ibu, dilingkungan keluarga kita akan menemukan saudara perempuan. Ketika seorang laki-laki bisa menghargai, menghormati, dan  menyayangi ibu dan saudara-saudara perempuannya. Maka sikap yang sama akan diperlakukan kepada pasangannya kelak.

Berbagai pandangan mengenai wanita yang akan mengisi kehidupan kita nanti. Pernah diceritakan oleh teman-teman saya ditempat kerja. Ada seorang teman laki-laki yang sudah menikah bercerita kepada saya. Dia memberikan kriteria pendamping hidup yang menyenangkan hati suami.

Dia menyarankan kepada saya untuk memilih wanita yang bisa menerima kita apa adanya. Seorang wanita yang mampu menghadirkan senyuman ketika kita pulang ke rumah usai bekerja. Seorang wanita yang bisa menyiapkan makanan dan minuman buat kita. Dan seorang wanita yang bisa menerima dengan ikhlas uang belanjaan yang kita berikan kepadanya. Alangkah bahagianya bagi sang suami karena tidak ada tuntutan yang macam-macam dari istrinya.

Berbagai kejadian kasus korupsi dinegeri ini yang dilakukan oleh oknum pejabat. Hal ini bisa disebabkan dari istri pejabat yang tidak puas dengan pemberian suaminya. Sehingga dia meminta lebih kepada suaminya. Akhirnya suami tersebut menghalalkan segala cara untuk bisa memenuhi kebutuhan istrinya. Sehingga nasib buruk suami bisa datang sewaktu-waktu apabila kekayaannya dari hasil uang korupsi diketahui KPK.

Hal Inilah yang bisa penulis sebut wanita bisa menjadi empedu. Empedu itu rasanya pahit. Wanita bisa menjadikan kepahitan kehidupan bagi laki-laki pasangannya. Apabila tuntutan kehidupannya begitu mewah dan tinggi yang tidak dapat dijangkau dari gaji suaminya.

Setelah itu ada lagi teman saya. Dia seorang wanita yang sudah menikah. Dia memberi saran kepada saya untuk mencari pasangan yang matre. Dengan kematrean pasangan kita tersebut. Sehingga kita bisa termotivasi untuk giat bekerja dan dapat segera mewujudkan harapan-harapannya. 

Tentunya dengan gaji halal yang diperoleh dengan cara bekerja. Sehingga sekarang keluarganya sudah berhasil memiliki sebuah rumah dan mobil. Suaminya menjadi pendidik di sekolah. Dan memiliki usaha tambahan yakni dibidang perikanan dengan memiliki tambak di daerah Lamongan.

Menurutnya seorang wanita jangan berbicara kepada suaminya mengenai pemberian dari keluarganya (warisan). Tujuannya yaitu agar seorang laki-laki tersebut bekerja keras untuk bisa menyekolahkan anak-anaknya sampai meraih gelar sarjana. Uang (warisan) tersebut bisa diasuransikan terlebih dahulu untuk menyiapkan pendidikan anak-anaknya kelak. Ketika suami memang sudah benar-benar tidak mampu memberikan nafkah kepada keluarganya. Mungkin penyebabnya karena sakit, pensiun dini, atau dikarenakan hal-hal lain. Maka uang yang telah diasuransikan tadi bisa digunakan untuk membiayai pendidikan anak-anaknya sampai meraih gelar sarjana.

Kesimpulan

Dari kedua tipe wanita yang berbeda tadi. Kita bisa mendapatkan pandangan sebelum memantapkan diri untuk memilih pasangan dalam hidup. Ada dampak baik dan buruk dalam memilih dua tipe wanita tersebut.

Pertama, wanita dengan tipe madu akan membuat kehidupan kita terasa manis. Tidak ada tuntutan macam-macam bagi suaminya. Namun hal ini juga tidak selamanya baik bagi kehidupan kita. Sehingga kita bisa saja hidup stagnan pada posisi aman yakni tidak ada perkembangan yang berarti. Jadi kehidupan kita akhirnya akan statis (tetap) dari tahun ke tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2