Mohon tunggu...
Bhinneka
Bhinneka Mohon Tunggu... PT. Bhinneka Mentaridimensi

Bhinneka adalah pionir e-commerce di Indonesia, yang hadir sejak 1993 di bawah perusahaan PT Bhinneka Mentaridimensi. Bhinneka melayani perorangan melalui Bhinneka.com (B2C), pengadaan perusahaan berbagai skala melalui platform b2b.id (B2B), pengadaan bagi lembaga pemerintahan melalui LKPP (B2G), maupun pengadaan mesin cetak digital berformat besar melalui Bhinneka Digital Printing Solutions (DPS).

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Bhinneka Purnakarya, Saatnya YOLD Berdaya Setelah Pensiun

20 Februari 2020   11:22 Diperbarui: 20 Februari 2020   11:37 47 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bhinneka Purnakarya, Saatnya YOLD Berdaya Setelah Pensiun
Para pekerja di Bandara Changi yang didominasi warga lanjut usia. Foto: The Strait Times

Ada istilah khusus bagi generasi yang telah berusia pensiun, tetapi masih produktif. Yakni Young Old atau YOLD. Dalam sejumlah ketentuan yang berlaku secara berbeda-beda, ada yang menyebut para YOLD semestinya tidak boleh bekerja lagi, tetapi di sisi lain, tetap banyak para YOLD terus aktif berkegiatan, bahkan tetap terjun dalam aktivitas sosial, bisnis, dan komunitas. Ini menunjukkan adanya potensi keberdayaan bagi mereka.

Ambil contoh di Singapura. Kita akan dengan mudahnya menemukan para pekerja yang telah berusia lanjut. Sejak mendarat di Bandara Changi, kita bisa melihat para kakek dan nenek tetap melakukan kegiatan dengan seragamnya. 

Di satu sisi, banyak yang melihatnya sebagai sebuah ketidakpatutan, lantaran mereka tetap bekerja di usia senjanya. Di sisi lain, ada pula yang melihatnya sebagai keberdayaan, tetap mandiri dan berpenghasilan, memiliki rutinitas yang menggerakkan.

Itu baru terhadap para pekerja kerah biru. Sebab tak bisa kita abaikan, banyak pengusaha berusia di atas 60 tahun yang masih aktif dan gesit dalam operasional manajemen. Fisik yang tampak bugar, daya ingat yang masih tajam, serta kemampuan komunikasi dan berjejaring yang masih lihai. 

Tak ketinggalan pula, ada begitu banyak pengalaman dan pelajaran hidup, terutama di bidang bisnis, yang telah ia alami. Menjadikannya mentor alamiah, yang bisa berbagi informasi berharga bagi para pengusaha muda, yang menjamur di era startup seperti sekarang ini.

Melihat hal ini, Bhinneka.Com yang tak henti melakukan inovasi di kategori B2B e-Commerce, menginisiasi program Purnakarya dan memanggil generasi YOLD Indonesia untuk bergabung, mengaktualisasi diri dan terus berpenghasilan di usia pensiunnya.

Program Bhinneka Purnakarya diluncurkan di awal tahun, menyasar generasi YOLD dengan rentang usia di atas 55 tahun dan berjiwa muda. Mereka adalah kaum profesional yang segera memasuki masa pensiun namun masih produktif.  

Menurut studi The Economist, generasi baby boomers saat ini mendominasi populasi penduduk di negara maju sebesar 134 juta orang, di mana seperlima populasi pada usia 65-69 tahun masih bekerja dengan usia harapan hidup 3,7 tahun lebih panjang, dan menurut WHO dalam kondisi kesehatan yang baik. 

Dengan populasi generasi YOLD yang makin banyak, lebih sehat dan lebih sejahtera dari generasi sebelumnya, kita dapat melihat generasi ini masih terus bekerja dan berjejaring, dan generasi ini diprediksi akan mendisrupsi pasar retail, pelayanan dan pasar keuangan.

Menurut Vensia Tjhin, Chief of Platform and Omnichannel, Bhinneka.Com, "Program yang diinisiasi Bhinneka.com ini merupakan solusi bagi generasi YOLD untuk bergabung sebagai Professional Business Advisor dari berbagai latar belakang, termasuk ASN, dan juga sebagai mentor membantu para pebisnis muda dalam membangun usahanya. Sejak program ini diluncurkan, sudah ratusan resume yang tengah kami seleksi."

Bhinneka Purnakarya. Foto: Bhinneka.Com
Bhinneka Purnakarya. Foto: Bhinneka.Com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN