Mohon tunggu...
Akhir Fahruddin
Akhir Fahruddin Mohon Tunggu... Perawat

| Bachelor of Nursing at Universitas Muhammadiyah Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Jadi Relawan Covid-19, Perawat Dapat Kredit Poin Lisensi

9 April 2020   08:25 Diperbarui: 9 April 2020   11:59 586 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jadi Relawan Covid-19, Perawat Dapat Kredit Poin Lisensi
Perawat dengan APD Lengkap | Foto : Kompas.com

Mulia bukan berarti namanya setiap saat tertera di media masa, namun kemuliaan bisa diperoleh dengan menolong orang yang membutuhkan pertolongan. Itulah sejatinya kemanfaatan bagi sesama manusia. Hal-hal demikian sudah menjadi keseharian perawat di layanan kesehatan.

Merawat bukan pekerjaan mudah untuk dilakukan, butuh seni dalam mempraktikkan keilmuan, butuh tekhnik ketika berbicara dan butuh sikap caring bagaimana merawat kesehatan orang yang sehat maupun sakit. Kebutuhan dasar manusia perlu diperhatikan selama merawat pasien di layanan kesehatan. Itulah hal pokok yang perawat jalani.

Duka dan lara selalu ada begitu juga gembira dan bahagia. Tidak jauh berbeda dengan profesi-profesi lainnya. Namun panggilan jiwa untuk mau mengurus, merawat dan memantau kesehatan manusia butuh orang-orang terpilih yang mau dan mampu melaksanakannya.

Meski keseharian perawat bertemu dengan orang sakit namun justru kebanyakan perawat di layanan kesehatan tingkat pertama selalu bertemu dengan mereka yang sehat. Edukasi, promosi kesehatan dan mengajari mereka merawat masalah yang ada membuktikan bahwa profesi perawat sangat dibutuhkan dalam meningkatkan derajat kesehatan.

"Merawat bukan pekerjaan mudah untuk dilakukan, butuh seni dalam mempraktikkan keilmuan, butuh tekhnik ketika berbicara dan butuh sikap caring bagaimana merawat kesehatan orang yang sehat maupun sakit."

Sakit dan sehat merupakan proses kehidupan yang akan dijalani manusia dalam rentang hidupnya. Itulah mengapa kesehatan menjadi penting, karena sehat merupakan hal yang sangat fundamental dalam kehidupan dan dapat membuat orang mampu memenuhi kebutuhan individu maupun sosial.

Perawat sebagai tenaga kesehatan yang jumlahnya paling banyak di Indonesia memegang peranan penting sebagai frontliner atau garda terdepan menjaga kesehatan masyarakat. 

Meski bersifat kolaboratif dengan tenaga kesehatan lain, namun hal-hal yang berkaitan dengan menjaga, merawat, memantau dan selalu dekat dengan pasien merupakan aktivitas sehari-hari seorang perawat dalam bekerja.

Wajar jika kelebihan itu membuat organisasi profesi perawat atau Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) memberi apresiasi kepada perawat dalam menjalani kehidupan profesinya. Apresiasi yang dimaksud yaitu pemberian Satuan Kredit Profesi (SKP) bagi perawat yang terjun langsung menangani pasien terpapar covid-19.

Kredit poin ini sangat dibutuhkan perawat untuk memperpanjang lisensi atau Surat Tanda Registrasi Perawat (SIPP). Ada 25 SKP yang wajib dikumpulkan dalam rentang waktu lima tahun menjadi tenaga kesehatan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN