Mohon tunggu...
Hanif Sofyan
Hanif Sofyan Mohon Tunggu... Freelancer - guru terbang, entrepreneur pembelajar, pegiat literasi, trainer

acehdigest.blogspot.com, acehportrait.blogspot.com Penulis Buku Kolaborasi, De Atjehers series 1-2: Dari Serambi Mekkah Ke Serambi Kopi;

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Ketika Seorang Ibu Harus "Bertarung" Demi Kesembuhan Anak

22 Mei 2022   22:16 Diperbarui: 8 Juni 2022   08:38 109 21 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

popmama.com
popmama.com

alodokter.com

Siapa yang pernah merasakan, betapa "rumitnya" memberi asupan obat untuk si kecil. Sering orang tua harus bergelut lebih dulu untuk bisa memberikan obat buat si kecil yang sedang sakit parah, harus minum obat, tapi ya ampun betapa sulitnya memasukkan sesendok obat anti demam rasa jeruk atau strawberry sekalipun.

informasi-seputar-resep-dokter-yang-perlu-anda-ketahui-alodokter-628f167c53e2c3649a7961d6.jpg
informasi-seputar-resep-dokter-yang-perlu-anda-ketahui-alodokter-628f167c53e2c3649a7961d6.jpg
Obat tetaplah obat buat anak-anak, kecuali jika rasanya persis sama seperi sirup!.

Beruntung jika obatnya berbentuk salap, kompres, segala sesuatu yang tak perlu harus melewati mulut. Atau kita coba saja obat medis, jika tak cocok, ganti dengan herbal?.

Kumparan
Kumparan

Obat Tradisional-back to nature

hello sehat
hello sehat

Orang tua kita, memang luar biasa kalau urusan obat-obatan yang berlabel Kearifan lokal.  Misalnya kalau anak masuk angin, yang sering bikin orang tua panik sampai hilang kesabaran, apalagi kalau si kecil menangis kala larut malam. 

popmama.com
popmama.com

Orang tua kita, biasanya cukup mengambil daun jarak, di layukan dengan dipanaskn dengan api kecil, kemudian di balur minyak kelapa, lalu tempelkan di perut si bayi yang sakit, dijamin tak lama akan senyap kembali.

Ada beberapa yang menambahkan "bawang laki"-sebutan untuk bawang yang umbinya cuna sebiji, tidak berangkai, lalu haluskan sebagai campuran minyak kelapa.

Untuk luka, terlepas dari benar atau tidak orang tua saya dulu mengoleskan minyak tanah. Saya tak tahu persis secara medis, tapi minyak tanah memang tak menyisakan rasa pedis pada luka. 

Sehingga anak-anak merasa aman, setiap kali terluka dan harus diobati dengan minyak tanah. Tapi ini butuh konsultasi medis untuk memastikannya, jangan-jangan malah cuma mitos. Untuk anak kok coba-coba?.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan