Mohon tunggu...
wurdono
wurdono Mohon Tunggu... Human Resources - Praktisi Pendidikan

Praktisi Pendidikan Vokasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pahlawan Pembangunan Insan Cendekia

29 November 2021   16:00 Diperbarui: 29 November 2021   16:44 83 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PAHLAWAN PEMBANGUN INSAN CENDEKIA

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen BAB II pasal 6 tentang kedudukan guru dan dosen ditegaskan bahwa guru sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yakni berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Menilik amanat undang-undang Guru dan Dosen tersebut maka tugas profesi guru bukanlah tugas yang ringan. Guru diharapkan mampu membangun manusia yang wataknya beranekaragam menjadi manusia yang benar dan pintar. Mendidik, mengajar, dan mengarahkan manusia yang wataknya sangat beragam bukan pekerjaan mudah karena manusia sebagai makhluk hidup memiliki keinginan sesuai kodratnya.

 Akan sangat berbeda jika yang dikelola  benda atau bahan bahan baku mati yang dapat dibentuk sesuai keinginan dan standar baku. Jika bahan baku sudah sesuai dengan standar mutu, proses selanjutnya tinggal mengikuti Standar Operasional Prosedure (SOP), maka bahan baku tadi akan menjadi barang yang sesuai dengan yang direncanakan.

Kompleksitas tugas guru dalam memberikan pelayanan pendidikan membutuhkan manusia "super" dengan dibekali empat kompetensi yang merupakan syarat formal yang diharapkan mampu mengeman tugas berat dan mulia. 

Empat kompetensi guru dimaksud adalah kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, dan kompetensi professional. 

Empat senjata andalan guru ini diharapkan mampu menuntaskan tugas-tugas guru yakni menghasilkan manusia yang budi pekertinya baik dan keterampilan terasah sehingga dapat hidup di masyarakat.

Dalam beratnya mengembang tugas profesi, guru masih dibebani dengan kondisi dirinya yang belum ideal. Pemenuhan kebutuhan dasar hidup seorang guru di tanah air ini belum sesuai harapan.

 Guru saat ini selain harus berkutat dengan tugas-tugas profesinya di sekolah, mereka juga masih harus berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup untuk menghidupi diri dan keluarganya.  

Apalagi guru yang bertugas di sekolah swasta yang kondisi sekolahnya memprihatinkan, lokasinya di daerah terpencil, sumber dayanya terbatas. 

Mungkin akan berbeda atau lebih baik kesejahteraan guru-guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dibandingkan rata-rata kesejahteraan guru swasta. Padahal jumlah sekolah yang dikelola masyarakat atau sekolah swasta jumlahnya cukup besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan