Mohon tunggu...
Wulidatul Rohma
Wulidatul Rohma Mohon Tunggu... Profil pribadi

mahasiswa prodi piaud IAIN Jember

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Apa Itu Filsafat Ilmu?

17 November 2019   13:51 Diperbarui: 17 November 2019   13:58 0 0 0 Mohon Tunggu...

Tujuan saya membuat artikel kali ini, yaitu ingin berbagi informasi mengenai pengertian dari filsafat ilmu. Filsafat ilmu itu sendiri memiliki beberapa macam definisi diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Suatu usaha yang dilakukan secara coba-coba untuk menghasilkan berbagai sudut pandang atau dengan kata lain point of view dari orang lain, yang kemudian disusun secara urut, namun juga complete akan hal-hal yang berkenaan dengan semua kehidupan manusia.
  2.  Suatu usaha yang digunakan untuk menggambarkan tentang arti pentingnya dari sebuah kehidupan,awal-mula maupun akhir dari sebuah kehidupan, serta kenyataan apa saja yang ada pada kehidupan itu sendiri.
  3. Usaha untuk mencari sebuah batasan-batasan dari suatu ilmu pengetahuan; contohnya saja seperti arti penting dari sebuah pengetahuan, kebenaran dari suatu pengetahuan, ataupun mengenai berbagai macam nilai yang terkandung di dalam pengetahuan tersebut.
  4. Penelitian yang dilakukan secara mendalam mengenai suatu hal yang berasal dari angan-angan maupun pendapat-pendapat yang diutarakan atau dikemukakan oleh seseorang, mengenai berbagai macam dari ilmu pengetahuan.
  5. Suatu bidang ilmu yang berusaha untuk mengetahui apa yang sedang dikatakan oleh seseorang, selain itu juga untuk membicarakan apa saja yang sedang dilihat oleh seseorang.

Setelah mengetahui berbagai macam pengertian atau dengan kata lain definisi dari sebuah filsafat ilmu, lalu disini saya juga akan membahas tentang ruang lingkup yang ada pada filsafat ilmu. Filsafat ilmu itu sendiri, juga mempunyai dua macam objek penelitian diantaranya yaitu: objek material maupun objek formal. Objek material itu sendiri adalah suatu bahan yang digunakan untuk proses penelitian maupun pengamatan; contohnya saja yaitu: fosil-fosil yang berasal dari manusia. Sedangkan yang dimaksud dengan objek formal adalah suatu cara yang digunakan untuk mengamati bahan yang dijadikan penelitian dari sebuah kajian ilmu pengetahuan.

Setelah itu, disini saya juga akan membahas tentang berbagai macam tujuan yang ada pada filsafat ilmu, diantaranya yaitu:

  1. Untuk mengetahui secara kritis akan bagian-bagian penting yang harus ada pada sebuah ilmu. Sehingga, secara keseluruhan kita dapat mengetahui darimana sumber pengetahuan itu didapatkan atau diperoleh, selain itu juga mengenai arti penting beserta tujuan dari ilmu pengetahuan tersebut.
  2. Untuk mengetahui awal-mula dari ilmu pengetahuan, yang didalamnya juga mencakup akan tumbuh kembang dari ilmu pengetahuan itu sendiri, sehingga kita bisa mengetahui sejauh mana kemajuan ilmu tersebut dari berbagai segi, sampai akhirnya menjadi sebuah ilmu masa kini seiring dengan berjalannya waktu.
  3. bisa kita jadikan acuan dalam mengamati suatu ilmu yang sifatnya non ilmiah, maupun untuk mengamati ilmu yang bersifat ilmiah.
  4. Untuk memberikan motivasi kepada seorang ilmuwan maupun calon ilmuwan, agar tetap mau mengkritisi ilmu. Dan juga berusaha mengembangkan ilmu tersebut, sehingga bisa menghasilkan penemuan baru.
  5. Untuk lebih memastikan bahwa tujuan ataupun sumber dari agama maupun ilmu itu, tidak ada sesuatu yang harus dijadikan sebuah persoalan.

VIDEO PILIHAN