Mohon tunggu...
Wulan Handayani
Wulan Handayani Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Books, Movies

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Festival Musik yang Asik Buat Goyang dan Bersenang-senang

25 November 2022   21:26 Diperbarui: 28 November 2022   21:24 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Infografis Festival Musik

Festival musik di Indonesia bukanlah hal baru, bahkan festival musik di Jakarta sudah aktif sejak tahun 2000-an. Festival musik menjadi semakin populer. Line up nasional dan internasional dari berbagai genre juga memeriahkan. Festival musik multi-genre ini terbukti sukses besar hingga mengumpulkan total 164,3 juta views di Tiktok.

Musik Adalah Kebutuhan Manusia

Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia mengharuskan masyarakat untuk tetap berada di rumah dan mengurangi aktivitas sosial. Kebosanan dan kebosanan adalah akibatnya. Orang membutuhkan hiburan dan kegiatan sosial. Sebuah studi Frontiers in Psychology menyebutkan bahwa musik dapat mengurangi stres dan kecemasan, menciptakan suasana hati yang positif dan memperkuat ikatan sosial.

Festival Musik Multi-Genre di Jakarta

Sebagai media informasi wisata tentang Citycation. Butuh Piknik ingin membantu Teman Piknik menemukan rekomendasi festival musik untuk kamu yang butuh hiburan. Berdasarkan data yang kami kumpulkan, temuan kami adalah sebagai berikut:

  • Synchronize diminati banyak orang hingga mencapai total views berdasarkan hashtag di Tiktok sebanyak 76M 

  • Synchronize festival memiliki total line up terbanyak yaitu 444 (32.06%) dari total 6 festival musik dari tahun 2018-2022 sebanyak 1385 line up

  • Harga tiket festival We The Fest paling mahal sebesar Rp 4.000.000

  • Dari 6 festival musik, 3 diantaranya menampilkan genre dangdut

  • Genre paling banyak ditampilkan dalam musik festival adalah Pop, Indie, dan Rock. Tapi khusus di festival java jazz, genre jazz paling mendominasi

1. Synchronize

Festival musik yang pertama kali diadakan pada tahun 2009 ini sangat populer di Indonesia. Faktanya, ada 76 juta views di Tiktok dan Instagram mencatat 26,6 ribu postingan. Lineup keseluruhan juga terus bertambah setiap tahunnya hingga mencapai 126 pada tahun 2022. Berdasarkan data, Synchronize Festival memiliki jumlah lineup terbanyak, yaitu 444 dari total lineup 6 festival musik.

Genre musik juga bervariasi di sebagian besar genre pop, indie, dan rock. Musisi populer yang pernah tampil di Synchronize antara lain Danilla, Fiersa Besari, Mocca, Sheila On7, Rhoma Irama, Ardhito Pramono, Gigi, Glenn Fredly, Agnez Mo, RAN, Superman Is Dead dan masih banyak lagi. Tiket dijual dengan harga yang berbeda-beda, harga terendah 230.000 dan tertinggi 750.000.

2. Soundrenaline

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun