Mohon tunggu...
Politik

Belajar Bepolitik dengan Dangdut (RRI Siap Pemilu 2019)

17 Desember 2018   02:11 Diperbarui: 17 Desember 2018   02:35 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada pemilu 2019 Radio Republik Indonesia (RRI) siap berpartisipasi dengan pemilu mendatang. RRI bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum dalam menyebarkan informasi tentang pemilu tahun 2019 ini dengan membuat program-program on air hingga off air dengan harapan masyarakat mendapatkan informasi dan edukasi tentang pentingnya pemilihan pada 2019 nanti.

Pada program on air RRI di kanal PRO 1 membuat program yang berjudul PRO Dangdut Show. Program on air ini menyajikan musik dangdut yang mampu menambah jumlah pendengar kanal RRI PRO 1. Tak hanya artis dangdut, RRI juga berkolaborasi dengan KPU sebagai edukator dalam memberikan informasi mengenai pemilu kepada audience.

Pada hasilnya RRI sendiri sudah melalukan riset bersama Lembaga Riset Independen bahwa alasan utama masyarakat ingin mendengarkan radio karena salah satunya untuk hiburan melalui musik dan musik yang paling besar ingin didengar oleh masyarakat adalah musik dangdut itu sendiri, maka dari itu RRI mencoba memberikan wadah mereka untuk memberikan kebutuhan dan kepuasan pendengar. RRI sendiri tetap memilih musik-musik dangdut yang baik untuk didengar oleh masyarakat.

"RRI berupaya meluaskan, menambah jumlah pendengar menggunkan lembaga riset inter independen. Jadi dalam lembaga riset independen menyebutkan bahwa alasan orang mendengarkan radio itu salah satunya yang paling kuat adalah ingin medengarkan musik," ujar Soleman Yusuf selaku Direktur program dan produksi LPP RRI

Selain itu, tak hanya program on air, RRI dan KPU juga membuat program off airyang diberi nama Gerakan Cerdas Memilih. Program ini bertujuan untuk menarik perhatian generasi millenial untuk menggunakan hak pilihnya dan menghilangkan sikap apatis terhadap kehidupan dan keberlangsungan bangsa. RRI menyasar millenials karena menurut data terdapat 90 juta pemilih muda millenial yang termasuk dalam DPT. Dari setiap program RRI, baik on air ataupun off air, RRI tidak pernah lupa untuk menyisipkan added value tentang pemilu.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun