Mohon tunggu...
Dodi Wisaksono Sudiharto
Dodi Wisaksono Sudiharto Mohon Tunggu...

Setetes air di tengah gurun yang kering kerontang tidaklah sesempurna air sungai yang bertingkat-tingkat. Namun tatkala Yang Maha Esa menyempurnakannya, maka sempurnalah ia. - Seseorang yang menyukai humaniora, yang mencoba memberi inspirasi meski hidup sebagai manusia yang biasa-biasa saja.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Menakar Konsumsi Air Minum dengan Aplikasi Android

30 Juni 2014   11:14 Diperbarui: 18 Juni 2015   08:11 100 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menakar Konsumsi Air Minum dengan Aplikasi Android
Aplikasi Android Water Your Body

[caption id="" align="aligncenter" width="600" caption="Aplikasi Android, Water Your Body"][/caption]

Saat berpuasa di Bulan Ramadhan, sesungguhnya merupakan saat yang tepat untuk mengurangi kerja berat dari organ-organ tubuh bagian dalam. Selain itu, merupakan waktu yang tepat pula bagi kita untuk menakar, apakah selama ini kita sudah menggunakan porsi yang cukup dalam mengkonsumsi air minum.

Terdapat indikasi yang bisa kita ketahui bila kita kekurangan cairan saat berpuasa, yaitu dengan munculnya bau mulut yang tidak sedap. Memang ada sebagian orang berpendapat bahwa bau mulut tersebut muncul lantaran penyakit maag yang diderita seseorang, atau kurang bagusnya pasta gigi yang digunakan untuk menyikat gigi. Namun sejauh pengalaman saya, penyebabnya lebih banyak dikarenakan kurangnya porsi air yang diminum oleh kita.

Bagi para pencinta Android seperti halnya saya, dapat memanfaatkan aplikasi bernama Water Your Body. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita dapat menakar berapa banyak air yang perlu kita minum setiap harinya. Sebagai contoh, dengan berat badan sekitar 80 kilogram, menurut Aplikasi Water Your Body, saya memerlukan sekitar 2.500 mililiter air yang harus saya minum setiap harinya. Yang paling menarik, aplikasi ini memiliki mode yang dapat mengingatkan diri kita agar tidak lupa untuk minum.

Sebagian orang berpendapat bahwa cairan tubuh tidak dapat dipenuhi dengan semata-mata meminum air minum biasa. Maksudnya, harus dipenuhi dengan mengkonsumsi cairan yang mengandung protein seperti halnya susu. Meski demikian, sejauh ini, saya menganggap aplikasi ini sangat membantu saya agar dapat menakar porsi konsumsi air yang saya minum. Sehingga selain badan saya relatif segar, saya pun terhindar dari mengalami bau mulut yang tidak sedap saat berpuasa.

Semoga bermanfaat. Amin.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x