Mohon tunggu...
wonk bejho
wonk bejho Mohon Tunggu... Wiraswasta - Saya adalah orang biasa yang ingin berbagi dan belajar tentang kehidupan

Pengelola Blog https://dholpincell999.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Kiat-kiat Bertani untuk Minat Pemuda Masa Depan

4 November 2022   20:19 Diperbarui: 4 November 2022   20:48 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://paktanidigital.com/

Tani atau bertani bukanlah hal yang tergolong rendah. Sebagian besar pemuda masa kini tidak terpikirkan untuk menuju hal ini. meskipun memiliki lahan jika di perbincangkan tentu banyak yang mencibir sembari berucap Tani..? hehe. 

Namun sebenarnya ada beberapa motivasi yang bisa di dapatkan dari bertani atau berbudidaya tanaman seperti cabe,bunga kol atau sejenis palawija lainnya. Jika di tekuni sebenarnya sangat menyenangkan dan menguntungkan.

Untuk menarik minat pemuda sekarang ini tentu sangatlah tidak mudah karena memang melalui beberapa survey belum banyak yang berminat. Namun untuk ulasan kali ini saya akan berbagi beberapa hal yang mungkin bisa di jadikan kiat-kiat untuk meningkatkan minat bertani. ingin tau simak ulasan di bawah ini

1.  menumbuhkan rasa senang atau Cinta

Kiat yang pertama adalah menumbuhkan rasa senang. bagaimana caranya? coba dengan jalan-jalan di sekitar lihat tanaman apa saja yang terlihat baik ,subur dan berbuah lebat atau biasakan sering melihat video youtube seputar tanaman cabe, terong atau lainnya. intinya melihat yang menyenangkan tentunya seputar hasil tanaman.

2. memiliki Planing atau Target

Setelah melihat ulasan 1 tentu ada beberapa hal yang bisa di dapatkan "kok bisa bagus begitu tanaman cabenya ya" paling tidak sudah ada rasa senang, seandainya aku punya seperti itu bagaimana senangnya. 

Nah sekarang kiat selanjutnya memiliki planing atau target kok bisa? ya tentu.. dengan melihat hasil tanaman bagus  mungkin kita berpikir ingin memiliki tanaman bagus seperti di youtube tersebut. kita coba saja menanam tanaman tersebut tapi dengan kapasitas kecil saja jangan seperti di video tersebut. 

3. Bersikap Optimis dan tekun

Kiat selanjutnya adalah menciptakan rasa optimis. Keyakinan harus bisa (Yakin Bisa) menjadi salah satu cara menciptakan rasa cinta dan senang untuk bertani. misal kita memiliki planing untuk menanam sesuatu, ya kita harus belajar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun