Mohon tunggu...
WON Ningrum
WON Ningrum Mohon Tunggu... Konsultan - Peace of mind, peace of heart...

Hello, welcome to my blog!

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

[Esai Foto] "York Mosque and Islamic Centre", Masjid Pertama yang Saya Kunjungi di UK

30 April 2020   18:04 Diperbarui: 30 April 2020   18:00 400
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Foto 1: "York Mosque and Islamic Centre" (Koleksi Pribadi, 2004)

Sudah menjadi kebiasaan saya jika mengunjungi sebuah kota, pertama-tama yang akan saya cari adalah masjidnya.

Begitu pula ketika pertama kali mengunjungi kota York, bagian North Yorkshire, di Inggris, UK, di tahun 2004. Sudah lama juga ya, hampir 16 tahun lalu.

Ketika saya sudah mendapatkan alamatnya dari bertanya-tanya dengan beberapa orang, ternyata letaknya tidak jauh dari University of York, tempat saya pernah menempuh pendidikan.

Dengan semangat saya pun bergegas berjalan kaki karena letaknya hanya kurang lebih 1 km dari asrama mahasiswa yang saya tempati. Entah perasaan apa yang mewakili hati saya saat itu ketika telah sampai di alamatnya dan memandang masjid tersebut.

Antara kaget, terharu, dan tidak menyangka sama sekali bentuk bangunannya akan seperti itu (masya Allah). Bangunan masjid yang diberi nama "York Mosque and Islamic Centre" (UKIM) terdiri dari 2 bangunan kecil yang bersambung (Foto 1).

Oh, rupanya bangunan masjid di luar negeri seperti ini? Gumam saya pelan.

Namun setitik penasaran akan bangunan yang terasa mungil  bagi saya, yang sudah terbiasa melihat dan berada di masjid-masjid besar dan ramai seperti di Indonesia, semakin menggegaskan langkah-langkah kaki yang papa ini untuk melihat bagaimana suasana di dalamnya.

Saya bersyukur masih berjumpa dengan beberapa orang muslimah yang saat itu sedang menunaikan ibadah salat Asar.

Setelah menunaikan salat, saya menyempatkan untuk duduk sebentar bersilaturahim dengan beberapa muslimah. Mereka tidak dapat menyembunyikan kegembiraan mereka mendapatkan saudara baru dari Indonesia. Setidaknya itu yang saya rasakan dan itu jelas terlihat dari wajah mereka yang ramah dan penuh kekeluargaan.

Masjid ini adalah satu-satunya masjid di kota York, UK. Namun ada beberapa organisasi muslim yang dikenal lainnya di kota ini, seperti York Muslim Association, dan University of York Islamic Society, seperti yang dilansir di laman Muslim in Britain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun