Mohon tunggu...
Wardah Novita
Wardah Novita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

NEVER GIVE UP :)

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Mahasiswa PMM UMM Bersama ALIT di Desa Bulukerto Membuat Susu Madu dan Kerajinan dari Bahan Anorganik

23 September 2022   23:41 Diperbarui: 23 September 2022   23:58 53 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Batu - - Pengabdian Masyarakat oleh Masiswa (PMM) yang sedang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 51 gelombang 09 yang dibimbing Oleh Ibu Dini Kurniawati, ST., MT. Mengusung program yang berfokus pada aktivitas peningkatan kesehatan di Desa Bulukerto. Salah satu program yang dijalankan oleh lima mahasiswa tersebut adalah membuat susu madu dan membuat kerajinan dream catcher.

PMM UMM Kelompok 51 Gelombang 09 melaksanakan kegiatan tersebut bersama ALIT (Arek Lintang) di Rumah Limasan Grinting Dusun Cangar Rt.07 Rw.01 Desa Bulukerto, Kota Batu, Jawa Timur.

Khasiat susu madu untuk anak-anak yaitu membantu agar nafsu makan meningkat (adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu) sehingga anak tumbuh sehat, lincah, riang dan tahan penyakit. Khasiatnya pada remaja yaitu membuat tumbuh kembang dan gizi yang baik serta teratur (H.Mohammad, 2002).

Dream catcher adalah seni dan kerajinan penduduk asli Amerika yang dalam mitologinya dipercaya mampu menangkap mimpi buruk. Kepala suku Woodland (suku asli Amerika) meyakini bahwa dream catcher telah menangkap mimpi buruk anaknya yang dialami saat demam (Oberholtzer, 2012).

Kelompok PMM UMM kami disambut dengan ALIT sangat baik dan terbuka. Kegiatan tersebut dimulai dengan pengertian dan manfaat yang didapat. Kegiatan pertama yaitu membuat susu madu. Setelah itu, menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Lalu ALIT membuat susu madu dengan sangat riang. Kegiatan kedua yaitu mengumpulkan bekas gelas plastik dan kantong plastik bekas yang sudah dipakai minum susu madunya untuk dibuat kerajinan dream catcher. Kegiatan ketiga yaitu proses pembuatan dream catcher.

Tidak lupa juga menyiapkan alat dan bahan untuk kerajinannya meliputi gunting, isolasi, gelas plastik, benang wol dan kantong kresek 2 warna yang berbeda.

dokpri 
dokpri 

Selama pelaksanaan ketiga kegiatan tersebut terlihat antusias dari ALIT karena setiap kegiatan memerlukan kesabaran dan keuletan agar menghasilkan karya yang bagus dan bermanfaat. Anggota PMM UMM kelompok kami menjelaskan dapat mengkonsumsi susu madu sehari sekali untuk meningatkan kualitas tidur dan menjaga imun tubuh.

dokpri 
dokpri 

Diharapkan dengan terlaksananya PMM UMM Kelompok 51 Gelombang 09 menjadi langkah awal untuk mengoptimalkan kesehatan dan mengembangkan kreatifitas anak di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan