Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Jangan Lihat Status Artisnya, tapi Lihat Kemampuannya

27 Februari 2024   18:15 Diperbarui: 27 Februari 2024   18:23 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tantowi Yahya, seorang artis dan legislator hebat (Sumber: kompas.com)

Artis juga manusia, sama seperti manusia lainnya. Jadi siapa pun tidak boleh mendiskriminasi mereka.

Artis adalah sebuah profesi, sama halnya dengan profesi lain, seperti atlet, politisi, pengacara, ekonom, dokter, dosen, dan lain-lain.

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), artis didefinisikan sebagai ahli seni, seniman, seniwati (seperti penyanyi, pemain film, pelukis, pemain drama).

Sebagai artis, seseorang sudah pasti memiliki kemampuan dalam bidang seni. Baik seni suara, seni peran, seni drama, seni lawak, seni lukis, dan lain-lain.

Namun jangan sampai salah memahami, seorang artis yang kompeten dalam bidang seni tertentu atau beberapa bidang seni lainnya, bukan berarti dia tidak memiliki kompetensi dalam bidang lain di luar bidang seni.

Seorang artis penyanyi misalnya, mungkin juga dia sebagai artis film atau artis komedi. Bahkan bisa jadi sang artis memiliki kompetensi pula dalam bidang lain di luar seni. Misalnya seorang artis penyanyi bisa juga memiliki kompetensi dalam bidang ekonomi, hukum, kesehatan, teknologi, politik, atau bidang lainnya.

Hal itu mengandung konsekuensi bahwa seorang artis "tidak dilarang" berkiprah atau bergelut dalam bidang lain selama sang artis memiliki kompetensi dalam bidang tersebut.

Dalam hal ini seorang artis tentu boleh juga terjun ke dalam bidang hukum jadi pengacara misalnya. Mungkin juga seorang artis terjun ke dunia pendidikan jadi seorang dosen misalnya. Bisa jadi seorang artis terjun ke dunia kesehatan jadi seorang dokter misalnya. Termasuk dalam hal ini boleh jadi seorang artis terjun ke dunia politik jadi seorang legislator.

Nah untuk masalah yang terakhir, dalam pemilu (pemilihan umum) yang baru saja berlalu dan juga dalam pemilu sebelumnya, banyak artis yang terjun ke dunia politik jadi caleg (calon anggota legislatif). Sebut saja misalnya Ahmad Dhani (penyanyi), Once Mekel (penyanyi), Krisdayanti (penyanyi), dan Anang Hermansyah (penyanyi).

Selanjutnya ada nama Uya Kuya (komedian), Deny Cagur (komedian), Alfiansyah Komeng (komedian), Nafa Urbach (penyanyi), Desy Ratnasari (penyanyi dan bintang film), Dede Yusuf (pemain film dan sinetron), Mulan Jameela (penyanyi), Melly Goeslaw (pencipta lagu dan penyanyi), Nurul Arifin (pemain film), Rieke Diah Pitaloka (pemain sinetron), dan lain-lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun