Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Nigeria dan Angola Jumpa di Perempat Final Piala Afrika 2023

28 Januari 2024   10:46 Diperbarui: 28 Januari 2024   11:44 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: twitter.com/NGSuperEagles

Nigeria dan Angola sukses mengalahkan lawan-lawannya di babak 16 besar AFCON 2023 alias Piala Afrika 2023. Nigeria mengalahkan Kamerun dan Angola mengalahkan Namibia (28/01).

Kick-off pertandingan antara Nigeria lawan Kamerun dimulai pada pukul 03.00 WIB (28/01). Dalam laga itu Nigeria sukses mengalahkan Kamerun dengan skor 2-0. Kedua gol Nigeria diborong oleh striker mereka Ademola Lookman. Striker Atalanta itu menciptakan brace di menit ke-36 dan di menit ke-90.  

Dengan kemenangan itu Nigeria melangkah ke perempat final dan berjumpa dengan Angola. Angola sendiri melaju ke perempat final setelah mengalahkan Namibia di babak 16 besar dengan skor telak 3-0.

Dua dari tiga gol Angola dipersembahkan oleh Dala Gelson di menit ke-38 dan menit ke-42. Sedangkan satu gol lagi dipersembahkan oleh Mabululu di menit ke-66.

Angola sesungguhnya bermain dengan 10 orang sejak menit ke-17 setelah Nebiu diganjar kartu merah oleh wasit. Namun Namibia tidak mampu memanfaatkan kelebihan jumlah pemain.

Justru di  menit ke-38 gawang Namibia harus kebobolan oleh Dala Gelson. Dua menit setelah gol Gelson, Namibia pun mendapat "hadiah" kartu merah dari wasit sehingga kedua tim sama-sama hanya diperkuat 10 orang.

Nigeria dan Angola akan berjumpa di perempat final. Siapa yang akan melangkah lebih jauh ke semi final?

Menilik peringkat FIFA dan materi pemain, nampaknya Nigeria lebih unggul dibandingkan Angola. Saat ini Nigeria menempati ranking ke-42 FIFA, sedangkan Angola menempati ranking ke-117 FIFA.

Kemudian dari segi materi pemain. Para pemain Nigeria bertebaran di  banyak klub liga sepak bola top Eropa. Seperti di Premier League Inggris, di Serie A Italia, dan di Ligue 1 Prancis.

Sementara itu para pemain Angola tidak banyak yang bermain di klub liga sepak bola top Eropa. Kebanyakan dari mereka hanya bermain di klub liga sepak bola kasta kedua Eropa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun