Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Indonesia Dipastikan Lolos Lebih Awal ke Babak 16 Besar, jika...

22 Januari 2024   11:42 Diperbarui: 22 Januari 2024   15:42 381
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia akan menghadapi raksasa sepak bola Asia, Jepang di pertandingan ke-3 alias pertandingan terakhir fase Grup D Piala Asia AFC 2023, Rabu, 24 Januari 2024. Laga antara Indonesia dengan Jepang tersebut merupakan laga yang sangat menentukan bagi tim Garuda lolos atau tidaknya ke babak 16 besar.

Namun Indonesia dipastikan akan lolos lebih awal ke babak 16 besar Piala Asia 2023 jika beberapa prasyarat di bawah ini terpenuhi.

Pertama, Cina yang akan bertanding hari ini, Senin 22 Januari 2024 di pertandingan ke-3 fase Grup A mengalami kekalahan dari tuan rumah Qatar. Berapa pun skornya, baik tipis atau telak tak masalah.

Dengan mengalami kekalahan dari Qatar, praktis Cina hanya mengemas total 2 poin. Raihan 2 poin Cina masih berada di bawah raihan poin Indonesia, yakni 3 poin. Raihan 2 poin Cina tidak akan cukup untuk menjadi salah satu dari empat tim posisi ke-3 grup terbaik.

Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong (Sumber: pssi.org)
Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong (Sumber: pssi.org)

Kedua, Tajikistan dan Lebanon yang juga akan saling berhadapan hari ini, Senin 22 Januari 2024 di pertandingan ke-3 fase Grup A bermain imbang. Sebab dengan hasil imbang, Tajikistan hanya mengemas total 2 poin dan Lebanon hanya mengemas total satu poin.

Raihan 2 poin Tajikistan, apalagi raihan satu poin Lebanon masih berada di bawah raihan poin Indonesia. Tajikistan kecil kemungkinan akan jadi "satu dari empat tim posisi ke-3 grup terbaik". Apalgi Lebanon.

Ketiga, Suriah dan India yang akan bertanding besok, Selasa 23 Januari 2024 di pertandingan ke-3 fase Grup B, keduanya bermain imbang.

Praktis dengan hasil imbang tersebut Suriah hanya mengemas 2 poin, hasil dari dua kali seri. Sementara itu India hanya mendapatkan satu poin. Raihan 2 poin Suriah, apalagi raihan satu poin India masih berada di bawah raihan poin Indonesia.  

Suriah kecil kemungkinan akan jadi "satu dari empat tim posisi ke-3 grup terbaik". Apalagi India.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun