Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Popularitas Ketiga Capres di 7 Provinsi dengan Pemilih Terbanyak (Versi Google Trends)

21 Januari 2024   13:59 Diperbarui: 21 Januari 2024   14:04 300
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: tribunnews.com

Pilpres (Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden) 2024 persis satu bulan lagi. Sedangkan masa kampanye Pilpres dan Pileg (Pemilihan Umum Legsislatif) sekira 27 hari lagi.

Para capres dan cawapres (calon presiden dan calon wakil presiden) pun telah melakukan kampanye dengan beragam strategi, teknik, dan metode masing-masing. Ada capres-cawapres yang melakukan kampanye dengan diskusi, pertemuan, kunjungan, blusukan, dan lain-lain.

Para capres-cawapres mencoba menggaet calon pemilih dari berbagai lapisan, berbagai strata sosial, dan berbagai usia. Termasuk segmen calon pemilih yang banyak dibidik oleh para capres-cawapres adalah pemilih millenial dan Gen Z.

Untuk menggaet calon pemilih millenial dan Gen Z, para capres-cawapres rela untuk berlaku atau berpura-pura seperti kaum millenial dan Gen Z. Para capres-cawapres pun tak jarang eksis melakukan kampanye di beragam platform media sosial yang biasa digunakan kaum millenial dan Gen Z. Seperti di instagram, X (twitter), tiktok, facebook, dan lain-lain.

Khusus untuk kampanye yang dilakukan para capres, konon Anies lebih eksis di platform X (twitter). Sedangkan Prabowo lebih eksis di platform facebook dan Ganjar  lebih eksis di platform instagram.

Ketertarikan publik terhadap ketiga capres sesungguhnya bisa dilihat di Google Trends, yakni sebuah tools dari Google untuk menganalisis topik yang sedang ramai dicari lewat mesin pencari Google.

Kita bisa melihat seberapa besar popularitas ketiga capres di Google Trends dalam satu jam, 4 jam, satu hari, satu pekan, satu bulan, 90 hari, 12 bulan, sampai 5 tahun yang lalu.

Kita coba lihat popularitas ketiga capres di Google Trends dalam satu pekan terakhir. Tidak hanya itu, kita lihat pula popularitas ketiga capres di Google Trends di "7 Provinsi dengan pemilih terbanyak". Ke-7 provinsi yang dimaksud adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan.

Bagaimana analisis Google Trends terkait popularitas ketiga capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo selama satu pekan terakhir di "7 Provinsi dengan pemilih terbanyak"? Mari kita lihat.

Pertama-tama kita ketik terlebih dahulu nama ketiga capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo di Google Trends. Kita ketik nama capres sesuai urutan capres berdasarkan nomor urut paslon (pasangan calon).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun