Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Skenario Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

20 Januari 2024   09:29 Diperbarui: 20 Januari 2024   14:39 722
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://www.pssi.org/

Publik sepak bola Indonesia sempat merasa pesimis ketika tim Garuda menelan kekalahan 1-3 di laga perdana fase Grup D dari Irak. Dengan kekalahan itu langkah Indonesia melaju ke babak selanjutnya, fase knockout babak 16 besar Piala Asia AFC 2023 jadi terlihat lebih sulit.  

Namun optimisme publik sepak bola Indonesia kembali menyala pasca Indonesia berhasil membungkam tim sesama Asia Tenggara, Vietnam di pertandingan ke-2 fase Grup D, Jumat malam WIB (19/01) . Indonesia mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0.

Satu-satunya gol Indonesia dipersembahkan oleh Asnawi Mangkualam melalui titik putih penalti di menit ke-42. Indonesia mendapat hadiah penalti karena pemain Vietnam menarik-narik kaos striker Indonesia Rafael Struick di area terlarang.

Menang 1-0 atau menang dengan skor berapa pun bagi Indonesia sama saja. Sebab yang penting bagi Indonesia telah berhasil mendulang 3 poin dari Vietnam.

Dengan mendapat 3 poin dari Vietnam, Indonesia kini berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup D. Raihan poin Indonesia itu sama dengan raihan poin Jepang.

Jepang berada di posisi kedua klasemen sementara Grup D karena memiliki selisih gol lebih baik dari Indonesia. Jepang memiliki selisih gol plus satu, sedangkan Indonesia memiliki selisih gol minus satu.

Di pertandingan ketiga alias pertandingan terakhir fase Grup D, Indonesia akan menghadapi Jepang, Rabu (24/01). Pertandingan itu akan sangat menentukan bagi kedua tim, lolos atau tidak ke babak selanjutnya, babak 16 besar.

Dengan bermodalkan 3 poin, peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar terbuka lebar. Indonesia bisa mengukir sejarah di Piala Asia 2023 dengan lolos dari fase grup melaju ke babak 16 besar.

Sebelumnya, dari empat kali keikutsertaan di Piala Asia, Indonesia belum satu kali pun lolos dari fase grup. Di Piala Asia 1996, 2000, 2004, dan 2007, Indonesia selalu mentok di fase grup.

Di Piala Asia AFC 2023 ini ada beberapa skenario yang memungkinkan Indonesia lolos dari fase grup dan melaju ke babak 16 besar. Kita berharap salah satu skenario berjalan dengan baik sehingga Indonesia benar-benar lolos ke babak 16 besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun