Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Bomber Mali Kembali, Perancis Harus Hati-hati

28 November 2023   08:11 Diperbarui: 28 November 2023   08:29 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bomber Mali, Mamadou Doumbia kala bermain lawan Uzbekistan (Sumber: tribunnews.com)

Perancis dan Mali akan saling berhadapan di semifinal Piala Dunia U-17 2023, Selasa malam pukul 19.00 WIB (28/11). Laga antara Perancis versus Mali akan dilangsungkan di Stadion Manahan, Surakarta.

Perancis  merupakan satu-satunya tim unggulan pertama yang melaju ke semifinal. Tim unggulan pertama lainnya, Brasil dan Spanyol rontok di perempat final. Brasil kalah 0-3 dari Argentina, Spanyol kalah 0-1 dari Jerman.

Begitu pula dua tim unggulan pertama lainnya, Meksiko dan Jepang terhenti di babak 16 besar. Meksiko dihajar Mali 5-0, Jepang dibungkam Spanyol 2-1.

Sedangkan satu-satunya tim unggulan pertama, yakni tuan rumah Indonesia tersingkir di fase grup. Indonesia hanya menempati urutan ke-3 Grup A dengan mengemas 2 poin.

Perancis memiliki catatan impresif di fase grup. Perancis sukses mengemas poin sempurna dengan meraih 100 persen kemenangan. Selain itu Perancis juga mencatatkan cleansheet. Gawang Perancis tak pernah kebobolan.

Namun di fase knockout performa impresif Perancis menurun. Di babak 16 besar Perancis hanya menang 5-3 melalui drama adu penalti atas Senegal setelah bermain 0-0 di babak normal 2 x 45 menit dan babak tambahan 2 x 15 menit.

Demikian pula di perempat final. Perancis hanya menang 1-0 atas wakil Asia, Uzbekistan. Itu juga diperoleh Perancis dengan susah payah. Perancis baru memastikan kemenangan di menit ke-83.

Sementara itu lawan Perancis di semifinal, Mali adalah tim non unggulan pertama. Mali merupakan tim yang masuk pot 2 alias tim unggulan kedua. Sesungguhnya tidak hanya Mali. Dua tim semifinalis lainnya, yakni Jerman dan Argentina pun merupakan tim unggulan kedua.

Kendati Mali bukan tim unggulan pertama dan lolos ke fase knockout babak 16 besar bukan sebagai juara grup, tapi performa Mali cukup mengerikan. Mali mampu meraih 6 poin dan lolos ke fase knockout babak 16 besar dengan status runner up Grup B.

Mali hanya kalah tipis 1-0 dari Spanyol. Selebihnya di dua laga Mali sukses melumat Uzbekistan 3-0 dan menghajar Kanada 5-1.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun