Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Dua Mantan Klub Gianluca Vialli Kompak Terdegradasi

24 Mei 2023   19:59 Diperbarui: 25 Mei 2023   10:40 318
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: tribunnews.com

Mantan penyerang tim nasional Italia dan mantan tandem Roberto Mancini (pelatih tim nasional Italia saat ini) di lini depan Gli Azzurri era 90-an, yakni Gianluca Vialli memang sudah tiada. Pria kelahiran 9 Juli 1964 itu telah berpulang pada tanggal 6 Januari 2023 lalu akibat kanker pankreas.

Namun bagi Sampdoria, nama Gianluca Vialli terukir indah dalam sejarah klub. Bagaimana tidak, hanya di era Vialli lah klub yang bermarkas di kota Genoa itu pernah merasakan mewahnya jadi juara Liga Italia (Serie A) di musim 1990-1991 .

Hanya di era Vialli juga Sampdoria pernah merasakan jadi jawara Eropa (Piala Winners) di musim 1989-1990. Saat itu Sampdoria mengalahkan Anderlecht di final dengan skor 2-0. Semua gol Sampdoria diborong oleh Vialli (menit ke-105 dan menit ke-108).

Gianluca Vialli kala berseragam Sampdoria (Sumber: https://twitter.com/sampdoria/)
Gianluca Vialli kala berseragam Sampdoria (Sumber: https://twitter.com/sampdoria/)

Selain itu hanya di era Vialli juga Sampdoria pernah menjadi juara Super Copa Italia (musim 1991-1992) dan pernah merasakan atmosfer final Piala Champions (kini Liga Champions UEFA) tahun 1992. Hanya sayang, saat itu Sampdoria kalah tipis 0-1 dari Barcelona.

Gol semata wayang Barcelona kala itu dicetak oleh Ronald Koeman. Barcelona pun jadi juara Piala Champions untuk pertama kalinya.

Gianluca Vialli juga adalah legenda Cremonese. Sebab sebelum bermain di Sampdoria, Gianluca Vialli bermain dan mengawali karirnya di klub asal kota Cremona itu. Saat itu Cremonese masih bermain di kasta ketiga Liga Italia (Serie C).

Gianluca Vialli kala berseragam Cremonese (Sumber: https://twitter.com/footballmemorys)
Gianluca Vialli kala berseragam Cremonese (Sumber: https://twitter.com/footballmemorys)

Seakan turut berduka atas kepergian sang legenda, Sampdoria dan Cremonese pun turut pergi. Ya Sampdoria dan Cremonese pergi meninggalkan kemeriahan dan kemewahan Serie A Italia. Musim ini Sampdoria dan Cremonese dipastikan terdegradasi ke Serie B.

Artinya musim depan kedua mantan klub Gianluca Vialli itu tak lagi bermain di Serie A. Keduanya akan bermain di kasta kedua kompetisi sepak bola Italia, Serie B.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun