Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Artikel Utama

Awalnya Saya Menduga Gempa Cianjur Biasa Saja

24 November 2022   17:48 Diperbarui: 25 November 2022   08:31 809 45 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Genteng rumah yang roboh akibat gempa (Sumber: dok.pri)

Ketika terjadi gempa bumi di wilayah kabupaten Cianjur Senin siang (21/11), saya hanya merasakan getaran cukup kuat sekira 5-6 detik saja. Saat itu saya sedang duduk di dalam ruangan.

Saya merasakan getaran akibat gempa bumi bukan pertama kali. Sebelumnya saya juga pernah merasakannya. Jadi ketika ada getaran gempa bumi seperti Senin siang itu saya berpikiran tidak akan terjadi apa pun. Tak akan ada rumah atau bangunan lain roboh, apalagi korban jiwa.

Oleh karena itu ketika kerabat atau sahabat yang tinggal di kota lain menanyakan keadaan dan kondisi akibat gempa, saya jawab baik-baik saja. Tak ada kerusakan apa pun. Sebab memang di sekitar tempat tinggal tak ada dampak apa pun karena adanya gempa.

Padahal kerabat atau sahabat yang tinggal di kota lain menanyakan keadaan atau kondisi, mungkin karena mereka sudah tahu bahwa gempa di Cianjur telah menyebabkan banyak bangunan rusak dan roboh. Tapi kita memang belum tahu dan belum ngeuh.

Beberapa saat setelah adanya getaran akibat gempa, listrik mati. Sinyal jaringan seluler pun hilang. Kita tidak bisa saling berkomunikasi melalui handphone atau menyimak berita dari televisi dan media sosial.

Malam hari, sinyal jaringan seluler baru muncul kembali. Disusul kemudian listrik juga menyala lagi.

Kita pun bisa menyalakan televisi dan internet. Ternyata dari berita televisi dan media sosial, gempa Senin siang itu cukup dahsyat. Sebab di beberapa daerah, terutama Kecamatan Cugenang dan sekitarnya banyak bangunan rusak atau roboh. Korban jiwa juga mencapai ratusan orang.

Kita dan orang-orang yang cukup jauh dari daerah yang terdampak gempa baru ngeuh bahwa telah terjadi musibah besar akibat adanya gempa di beberapa wilayah Cianjur yang tak pernah terjadi sebelumnya.

Kebetulan tempat tinggal kita berjarak cukup jauh dari daerah kecamatan Cugenang dan sekitarnya yang terdampak gempa paling parah. Mungkin sekira 20 kilo meter. Jadi kita baru tahu adanya musibah besar beberapa jam kemudian setelah terjadinya gempa dari televisi dan media sosial.

Secara geografis daerah Cugenang berada di sebelah barat kota Cianjur. Kecamatan Cugenang berada di jalur Cianjur-Puncak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan