Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengejutkan, Nigeria Tersingkir oleh Tunisia di Babak 16 Besar

24 Januari 2022   08:34 Diperbarui: 31 Januari 2022   17:11 263 29 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Timnas Nigeria (Sumber : kompas.com) 

Dua pertandingan babak 16 besar Piala Afrika 2021 alias AFCON 2021 (Africa Cup of Nations) telah dilangsungkan Minggu malam WIB (23/01), yang mempertemukan Burkina Faso versus Gabon dan Nigeria versus Tunisia.

Dalam pertandingan itu Burkina Faso berhasil mengalahkan Gabon. Sementara itu Nigeria secara mengejutkan tersingkir oleh Tunisia.

Burkina Faso menang 7-6 atas Gabon melalui drama adu penalti setelah dalam babak normal dan perpanjangan waktu kedudukan tetap imbang 1-1.

Dalam babak normal, sesungguhnya Burkina Faso hampir menang tanpa harus melalui babak tambahan dan babak adu penalti. Sebab sampai menit ke-90 Burkina masih memimpin 1-0 melalui gol Bertrand Traore di menit ke-28.

Namun sial bagi Burkina Faso. Di menit ke-90+1 pemain Burkina Faso sendiri Adama Guira membuat gol bunuh diri, sehingga kedudukan menjadi 1-1. Pertandingan pun  harus berlanjut ke babak tambahan 2 x 15 menit.

Sampai babak tambahan 2 x 15 menit berakhir, kedudukan tetap 1-1. Pertandingan pun dilanjut dengan babak adu penalti.  

Dalam babak adu penalti, satu dari lima penendang pertama Burkina Faso dan Gabon gagal sehingga kedudukan 4-4. Babak adu penalti pun dilanjut.

Selanjutnya, tiga dari empat penendang penalti Burkina Faso sukses berbuah gol. Sedangkan dua dari empat penendang penalti Gabon gagal, sehingga kedudukan berakhir 7-6 untuk kemenangan Burkina Faso. Burkina Faso pun berhak melaju ke babak selanjutnya, babak perempat final.

Dalam pertandingan babak 16 besar lainnya yang mempertemukan Nigeria versus Tunisia berakhir Tragis bagi Nigeria. Nigeria kalah 0-1 dari Tunisia melalui gol yang dicetak oleh Youssef Mskani di menit ke-47 dan harus tersingkir dari AFCON 2021.

Bagi Tunisia, kemenangan 1-0  atas Nigeria tersebut bisa jadi sebagai "bayar utang" atas kekalahan tim berjuluk "Elang Kartago" itu dari Nigeria di Piala Afrika 2019 lalu. Saat itu Tunisia dikalahkan oleh Nigeria dengan skor sama persis 1-0 dalam perebutan tempat ke-3.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan