Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Vincent Aboubakar dan Para Top Skor Kamerun di Piala Afrika

23 Januari 2022   20:58 Diperbarui: 23 Januari 2022   21:38 398 17 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Samuel Eto'o, salah seorang penyerang Kamerun yang pernah jadi top skor di Piala Afrika (Sumber: tribunnews.com)

Vincent Aboubakar, penyerang timnas (tim nasional) Kamerun memang belum tentu jadi top skor di Piala Afrika 2021 alias AFCON 2021 (Africa Cup of Nations). Namun tanda-tanda bahwa Aboubakar akan jadi top skor AFCON 2021 sudah cukup kasat mata.

Dalam tiga pertandingan fase grup, Aboubakar mampu menorehkan 5 buah gol. Dengan lima golnya tersebut, Aboubakar pun sukses mengantarkan Kamerun lolos ke fase knockout babak 16 besar.

Torehan gol Aboubakar masih sangat mungkin bertambah. Di babak 16 besar Aboubakar bisa jadi akan mampu mencetak gol lagi. Apalagi jika Kamerun terus melaju ke partai puncak, babak final. Aboubakar lebih mungkin lagi akan terus menambah koleksi golnya,  sehingga torehan gol Aboubakar menjadi lebih dari 5 gol.  

Para pemain tim lain bisa jadi ada yang mampu menyamai atau melampaui torehan gol Aboubakar. Terutama Ibrahim Kone (Mali) yang menguntit Aboubakar di posisi kedua top skor sementara AFCON 2021 dengan torehan 3 gol. Namun mencetak banyak gol dalam satu pertandingan tentu bukan hal yang mudah.  

Terlepas dari, apakah Aboubakar akan mampu menambah golnya atau tidak, yang jelas koleksi 5 gol bukanlah jumlah gol yang sedikit. Tidak banyak pemain yang berlaga di Piala Afrika yang mampu mencetak gol sebanyak itu.

Bahkan dalam beberapa gelaran Piala Afrika sebelumnya, top skor turnamen dua tahunan negara-negara benua Afrika tersebut banyak yang kurang dari 5 gol.

Seperti di Piala Afrika 2017. Jumlah gol  top skor waktu itu yakni Junior Kabananga dari RD Kongo hanya 3 gol saja.

Kemudian di Piala Afrika 2015 juga sama. Jumlah gol top skor di Piala Afrika 2015 yang diraih oleh 5 orang, yakni Ahmed Akaichi (Tunisia), Andre Ayew (Ghana), Javier Balboa (Guinea Khatulistiwa), Thievy Bifouma (Kongo), dan Dieumerci Mbokani (RD Kongo) juga hanya 3 gol.

Bahkan di Piala Afrika 1988, jumlah gol top skor yang diraih oleh empat orang pemain hanya dua gol. Mereka yang jadi top skor dengan dua gol waktu itu adalah Lakhdar Belloumi (Aljazair), Roger Milla (Kamerun), Gamal Abdelhamid (Mesir), dan Abdoulaye Traore (Pantai Gading).

Rekor jumlah gol terbanyak top skor Piala Afrika sampai saat ini masih dipegang oleh Ndaye Mulamba dengan 9 gol. Ndaye Mulamba (Republik Zaire, sekarang Republik Demokratik Kongo) meraih gelar top skor tersebut di Piala Afrika 1974.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan