Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengenal Tiga "Guinea" di AFCON 2021

14 Januari 2022   22:21 Diperbarui: 14 Januari 2022   22:34 1562 26 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Salah satu pemain bintang Guinea yang bermain di Premier League (Liverpool), Naby Keita (sumber : tribunnews.com)

Di Piala Afrika 2021 alias AFCON 2021 (Africa Cup of Nations), tiga dari 24 negara peserta yang berlaga di Kamerun memiliki nama yang hampir sama, yakni "Guinea". Di Grup B ada Guinea (saja). Di Grup D ada Guinea-Bissau. Sementara di Grup E ada Guinea Khatulistiwa.  

Bagi sebagian orang mungkin hal itu sedikit membingungkan. Bisa jadi ada yang punya anggapan bahwa ketiga negara itu asalnya satu, tapi kemudian terpecah menjadi tiga negara.

Bicara prestasi di Piala Afrika dan dalam sepak bola pada umumnya, ketiga negara "Guinea" itu mungkin masih kalah jauh dari beberapa negara Afrika lain yang justru tidak lolos ke putaran final Piala Afrika 2021. Prestasi ketiga negara "Guinea" di Piala Afrika masih kalah oleh Afrika Selatan atau Zambia misalnya.

Afrika Selatan dan Zambia sudah pernah merasakan jadi juara Piala Afrika. Afrika Selatan pernah juara Afrika tahun 1996. Sedangkan Zambia pernah juara Afrika tahun 2012. Sementara ketiga negara "Guinea" belum pernah juara sama sekali.

Masuknya ketiga negara "Guinea" tersebut ke putaran final Piala Afrika 2021 merupakan indikasi bahwa prestasi  sepak bola di negara itu mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Mereka bahkan mampu menyingkirkan negara-negara Afrika lain yang lebih mapan dalam sepak bola.

Hebatnya lagi, ketiga negara "Guinea" tersebut cukup "kompak". Ketiga negara "Guinea" tersebut masuk ke putaran final Piala Afrika 2021 secara bersama-sama.

Kalau diurutkan menurut "usia", yang paling tua dari ketiga negara "Guinea" tersebut adalah Guinea, kemudian Guinea Khatulistiwa, dan terakhir Guinea-Bissau.

1. Guinea

Guinea adalah sebuah negara yang terletak di Afrika (bagian) Barat. Guinea terkadang disebut juga dengan Guinea-Conakry, untuk membedakan dengan negara tetangganya, Guinea-Bissau. Conakry sendiri adalah nama ibukota Guinea.

Nama resmi Guinea adalah Republik Guinea. Dulu Guinea disebut dengan Guinea Perancis. Sebab negara tersebut dulu merupakan koloni Perancis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan