Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tiga Tim "Sia-siakan" Peluang Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2020

19 Juni 2021   10:35 Diperbarui: 19 Juni 2021   10:43 6050 21 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Tim "Sia-siakan" Peluang Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2020
Penyerang Inggris, Harry Kane gagal menjebol gawang Skotlandia sehingga pertandingan berakhir seri 0-0 (Sumber: kompas.com)

Sejauh ini baru ada tiga tim yang telah memastikan diri lolos ke fase knock out babak 16 besar Euro 2020. Ketiga tim itu adalah Italia (grup A), Belgia (grup B), dan Belanda (grup C).

Tadi malam, sesungguhnya ada tiga tim lain yang berpeluang menyusul ketiga tim di atas lolos ke babak 16 besar. Ketiga tim itu adalah Slowakia (grup E), Ceko (grup D), dan Inggris (grup D).

Namun sayang, ketiga tim itu "menyia-nyiakan" peluang lolos ke babak 16 besar yang sudah di depan mata. Ketiga tim itu gagal mengatasi lawan-lawannya.

Slowakia yang tergabung di grup E berpeluang menjadi tim ke-4 yang lolos ke babak 16 besar Euro 2020 setelah Italia, Belgia, dan Belanda. Hal itu bisa terjadi jika Slowakia mampu mengalahkan Swedia di pertandingan kedua kualifikasi grup E.

Akan tetapi alih-alih menang, Slowakia malah kalah dari Swedia. Slowakia kalah 0-1 melalui gol semata wayang gelandang Swedia Emil Forsberg pada menit ke-77, melalui titik putih penalti.  

Slowakia pun harus menunda kepastian lolos atau tidak ke babak 16 besar Euro 2020. Ironisnya, jika saja nanti di pertandingan terakhir kualifikasi grup E  kalah dari Spanyol, hampir dipastikan Slowakia akan gagal melaju ke babak selanjutnya.

Kemudian Ceko. Sebagaimana Slowakia, Ceko yang tergabung di grup D juga tadi malam berpeluang lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Namun setali tiga uang, Ceko juga gagal mengatasi lawannya di pertandingan kedua kualifikasi grup D, Kroasia.

Namun Ceko sedikit beruntung. Ceko tidak sampai kalah, "hanya" bermain seri 1-1 dengan Kroasia.

Hasil itu membuat Ceko masih bertengger di puncak klasemen sementara grup D. Ceko berhasil mengumpulkan 4 poin, hasil dari satu kali menang dan satu kali. Peluang Ceko untuk lolos ke babak 16 besar Euro 2020 pun masih cukup besar.

Terakhir Inggris. Inggris yang tergabung di grup D bersama Ceko, juga berpeluang besar mengikuti jejak Italia, Belgia, dan Belanda lolos lebih awal ke babak 16 besar Euro 2020. Hal itu bisa terjadi jika saja Inggris mampu mengalahkan tim Britania Raya, yakni Skotlandia.  

Akan tetapi sayang, Inggris tidak bisa memanfaatkan peluang itu. Inggris hanya mampu bermain dengan skor kaca mata dengan Skotlandia. Inggris pun gagal menjadi tim ke-4 yang lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN