Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Partai Ummat dan Kesantunan Berpolitik

1 Mei 2021   09:01 Diperbarui: 1 Mei 2021   19:58 341 37 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Partai Ummat dan Kesantunan Berpolitik
Suasana Deklarasi Partai Ummat, 29 April 2021 (Screenshoot Kanal Youtube Amien Rais Official)

Dalam momen deklarasi pada tanggal 17 Ramadan 1442 H. atau bertepatan dengan 29 April 2021 M., Partai Ummat telah mengumumkan susunan pengurus, walau pun baru pengurus inti. Kepengurusan lengkap Partai Ummat memang baru akan disusun kemudian.

Namun, paling tidak misteri siapa yang akan menjadi nakhoda Partai Ummat yang selama ini banyak diperbincangkan terjawab sudah. Menjelang Hari-H deklarasi nama menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi tiba-tiba muncul menguat sebagai calon ketua umum dan akhirnya  benar dipercaya menjadi ketua umum partai politik tersebut.

Hal itu cukup mengejutkan. Sebab selama ini nama Ridho Rahmadi tak pernah dimunculkan ke publik. Nama Hanafi Rais, anak sulung Amien Rais malah paling banyak dibahas sebagai calon ketua umum Partai Ummat.

Sebelum deklarasi, Partai Ummat belum berwujud sebagai sebuah partai politik yang utuh karena baru memiliki nama, logo/gambar, lagu/mars, dan platform, tapi belum memiliki susunan pengurus. Kini setelah deklarasi Partai Ummat telah lengkap dan utuh sebagai sebuah partai  politik.

Sekarang Partai Ummat sudah memiliki nama, logo/gambar, lagu/mars, platform, dan termasuk susunan pengurus. Ibarat sebuah kapal laut, Partai Ummat sudah siap berangkat menuju Pemilu (Pemilihan Umum)  2024 karena sudah memiliki nakhoda dan krunya.

Perjalanan Partai Ummat menuju Pemilu 2024 memang masih panjang. Pertama-tama harus memiliki legalitas terlebih dahulu dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) RI. Selanjutnya Partai Ummat harus mampu lolos dari verifikasi faktual KPU (Komisi Pemilihan Umum).  

Ujian sesungguhnya Partai Ummat ada di Pemilu  2024. Apakah partai tersebut mampu menarik banyak pemilih atau tidak. Kalau mau eksis sebagai sebuah partai politik, paling tidak Partai Ummat harus mampu menembus electoral treshold.

Akan tetapi dengan kerja keras semua stake holder, Partai Ummat berpotensi mendapat dukungan banyak pemilih. Hal itu dibuktikan dengan hasil survey beberapa lembaga survey yang menunjukkan Partai Ummat cukup berkibar, padahal survey dilakukan sebelum Partai Ummat dideklarasikan.   

Ada satu hal yang menarik terkait munculnya Partai Ummat ini. Kehadiran Partai Ummat tidak bisa dilepaskan dari adanya sikap santun dalam berpolitik.

Semua orang tahu bahwa Amien Rais, sebelumnya adalah tokoh pendiri Partai Amanat Nasional (PAN). Amien Rais dan PAN begitu lekat, padu.  Sampai-sampai ada tagline "PAN adalah Amien Rais dan Amien Rais adalah PAN".

Tidak berlebihan pula jika dikatakan bahwa "pemilik" PAN sesungguhnya adalah Amien Rais. Sebab Amien Rais adalah tokoh sentral dan begitu dominan di PAN.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x