Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tiga Tim Tuan Rumah Kalah

9 April 2021   08:48 Diperbarui: 9 April 2021   08:51 120 22 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Tim Tuan Rumah Kalah
Liga Eropa UEFA (pontianak.tribunnews.com)

Pertandingan leg pertama perempat final Liga Eropa UEFA yang mempertemukan Arsenal-Slavia Praha, Granada-Manchester United, Ajax Amsterdam-AS Roma, dan Dinamo Zagreb-Villareal digelar secara serentak Jum'at dini hari (09/04). Hasilnya Arsenal-Slavia Praha berakhir imbang 1-1, Granada kalah dari Manchester United 0-2, Ajax  Amsterdam kalah dari AS Roma 1-2, dan Dinamo Zagreb kalah dari Villareal 0-1.

Menilik hasil pertandingan tersebut, tiga tim tuan rumah kalah dari tim tamu masing-masing. Hanya Arsenal yang "berhasil" selamat dari kekalahan.

Bagi tim tuan rumah kekalahan di pertandingan leg pertama tentu memberatkan langkah mereka di pertandingan leg kedua yang akan digelar tujuh hari ke depan. Sebaliknya bagi tim tamu yang meraih kemenangan, langkah mereka relatif ringan dengan modal kemenangan di pertandingan leg pertama.

Termasuk bagi Arsenal. Walau pun tidak sampai kalah dari tamunya Slavia Praha, tapi di leg kedua nanti keuntungan ada di pihak Slavia Praha. Slavia Praha cukup bermain imbang 0-0 dengan Arsenal untuk bisa lolos ke semi final, karena memiliki modal satu gol tandang.

Bagi tim yang  kalah atau yang menang di leg pertama, memang belum pasti akan  tersingkir atau akan melaju ke babak selanjutnya, semi final. Bisa saja tim yang kalah di leg pertama justru mampu melaju ke semi final karena mampu membalikkan agregat di leg kedua.

Kita tentu masih ingat perandingan di babak 16 besar Liga Eropa UEFA antara Tottenham Hotspur dengan Dinamao Zagreb. Waktu itu di leg pertama Tottenham mampu melumat Dinamao Zagreb 2-0 di kandang sendiri. Namun di luar dugaan semua orang, Dinamao Zagreb membalikkan keadaan di leg kedua.

Dinamao Zagreb mampu menghantam balik Tottenham di Maksismir Stadium dengan skor telak 3-0. Akhirnya Dinamo Zagreb lah yang menyabet tiket ke perempat final. Tottenham tersingkir secara dramatis.    

Akan tetapi  pada umumnya, tim yang menang di leg pertama seringkali mampu melaju ke babak berikutnya. Hal itu dikarenakan mereka memiliki keuntungan mental sehingga lebih percaya diri di leg kedua dibandingkan dengan tim yang dikalahkan di leg pertama.

Berdasarkan hasil pertandingan leg pertama perempat final Liga Eropa UEFA itu, "Setan Merah" Manchester United dan "Serigala Roma" AS Roma merupakan dua tim yang cukup meyakinkan bisa melaju ke semi final. "Setan Merah" dan "Serigala Roma" cukup meraih hasil imbang di leg kedua nanti.

Secara teori, "Setan Merah" Manchester United tak akan menemui kesulitan untuk kembali membungkam lawannya Granada. Apalagi di leg kedua nanti Manchester United akan bertindak sebagai tuan rumah. Secara kualitas pun Granada masih ada di bawah level Manchester United.

Begitu pula dengan "Serigala Roma" AS Roma. Tim kebanggan ibu kota Italia itu secara teori akan mampu, paling tidak menahan ajax di leg kedua nanti. "Serigala Roma" AS Roma punya keuntungan psikologis karena akan bertindak sebagai tuan rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN