Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Deadliner

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Terjeda Putaran Final Piala Eropa

2 April 2021   11:25 Diperbarui: 2 April 2021   11:30 266 15 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Terjeda Putaran Final Piala Eropa
Trofi Piala Dunia (kompas.com)

Sampai tanggal 1 April 2021, kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa sudah menyelesaikan pertandingan ke-3 dari 10 pertandingan yang harus diselesaikan tim-tim peserta. Memang ada juga peserta yang baru menyelesaikan dua pertandingan. Mereka adalah tim peserta yang tergabung dalam grup yang jumlah pesertanya hanya 5 tim, yaitu grup A sampai grup E.

Bagi grup yang jumlah pesertanya hanya 5 tim, berarti mereka hanya melakukan pertandingan sebanyak 8 kali. Mereka tidak harus menyelesaikan sampai 10 pertandingan seperti grup F sampai grup J yang jumlah pesertanya 6 tim.

Tim peserta yang baru menyelesaikan dua pertandingan adalah Luksemburg, Irlandia, dan Azerbaijan di grup A. Ada Swedia, Yunani, dan Kosovo di grup B. Kemudian Swiss, Irlandia Utara, dan Lithuania di grup C.

Sementara di grup D ada Finlandia, Bosnia Herzegoina, dan Kazakhstan. Terakhir di grup E ada Wales, Belarus, dan Estonia.

Semua tim peserta kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, baik tim peserta yang sudah menyelesaikan tiga pertandingan atau pun tim peserta yang baru menyelesaikan dua pertandingan, akan melanjutkan kembali pertandingan kualifikasi berikutnya mulai bulan September 2021. Berarti ada jeda kurang lebih selama 6 bulan.

Mengapa jeda waktu cukup lama 6 bulan? Sebab tim-tim peserta kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa yang lolos ke putaran final Piala Eropa harus mempersiapkan diri menghadapi putaran final Piala Eropa yang akan dilaksanakan bulan Juni.

Putaran final Piala Eropa yang akan dilaksanakan bulan Juni nanti sesungguhnya adalah Piala Eropa 2020. Akan tetapi dikarenakan ada pandemi covid-19 yang melanda hampir semua negara di dunia, putaran final Piala Eropa 2020 digeser waktunya ke tahun 2021 dengan nama tetap "Piala Eropa 2020".

Putaran final Piala Eropa 2020 sendiri akan dilaksanakan di 12 kota di 12 negara sebagai tuan rumah. Pertandingan pembukaan dimulai tanggal 11 Juni 2021 dan final akan dilaksanakan tanggal 11 Juli 2021.

Ke-12 kota tuan rumah Piala Eropa 2020 tersebut adalah Amsterdam (Belanda), Baku (Azerbaijan), Bilbao (Spanyol), Bukarest (Rumania), Budapest (Hungaria), dan Kopenhagen (Denmark). Selanjutnya Dublin (Irlandia), Glasgow (Skotlandia), London (Inggris), Muenchen (Jerman), Roma (Italia), dan St. Petersburg (Rusia).  

Peserta putaran final Piala Eropa 2020 berjumlah 24 tim. Sebagian dari peserta putaran final Piala Eropa 2020 itu mayoritas saat ini menguasai puncak klasemen sementara  grup masing-masing pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Italia, Spanyol, Prancis, Inggris, Belgia, Portugal, Denmark, Kroasia, dan Turki misalnya, adalah tujuh tim peserta putaran final Piala Eropa 2020 yang menguasai puncak klasemen sementara  grup masing-masing. Italia menguasai grup C, Spanyol menguasai grup B, Perancis menguasai grup D, dan Inggris menguasai grup I.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN