Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Inilah 7 Keistimewaan Provinsiku Jawa Barat

5 Februari 2021   14:10 Diperbarui: 5 Februari 2021   15:31 1387 28 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Didi Petet (alm.) pemeran Si Kabayan dalam beberapa film bertema Si Kabayan di era tahun 90 an (kompas.com)

Jawa Barat, sebagaimana namanya adalah sebuah provinsi yang terletak di sebelah barat pulau Jawa. Selain provinsi Jawa Barat, sesungguhnya ada dua provinsi lainnya yang juga terletak di sebelah barat pulau Jawa, yaitu provinsi Banten dan provinsi DKI Jakarta. Namun "pemilik sah" nama provinsi yang menunjukkan letak pulau Jawa  bagian barat tentu hanya "Jawa Barat".

Provinsi Jawa Barat bukanlah provinsi dengan label "istimewa" sebagaimana provinsi DI Yogyakarta dan provinsi DI Aceh misalnya. Namun sekali pun tidak memiliki label "istimewa", provinsiku itu tetap istimewa karena memang memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki daerah lainnya. 

Hal itu bukan berarti provinsi lain selain Jawa Barat tidak istimewa. Tentu saja setiap daerah provinsi di indonesia memiliki keistimewaan dan kekhasan sendiri-sendiri.

Sesungguhnya keistimewaan sebagai sebuah kekhasan yang dimiliki Provinsi Jawa Barat jumlahnya sangat banyak. Namun karena keterbatasan ruang, di sini yang akan dipaparkan mungkin  hanya 7 (tujuh) keistimewaan saja.

Apa saja keistimewaan yang dimiliki Provinsi Jawa Barat yang tidak dimiliki provinsi lainnya? Mari kita simak satu per satu!

Pertama, Jawa Barat memiliki jumlah penduduk terbanyak diantara 33 provinsi lainnya. Berdasarkan sensus BPS (Biro Pusat Statistik) tahun 2020, jumlah penduduk Jawa Barat tercatat berjumlah lebih dari 49 juta jiwa. Jumlah ini ekuivalen dengan sekira 18 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Banyaknya jumlah penduduk yang dimiliki Jawa Barat jelas merupakan sebuah aset berharga. Mereka adalah SDM (Sumber Daya Manusia) yang bisa menjadi modal dasar pembangunan di Jawa Barat sendiri dan juga pembangunan nasional.

Banyaknya jumlah penduduk yang dimiliki Jawa Barat juga menjadi seperti gula bagi para politisi. Setiap kali pemilu Jawa Barat selalu menjadi target lumbung suara bagi para politisi. Hal itu karena jika mampu mendulang banyak suara di Jawa Barat akan sama dengan mendapatkan banyak kursi.

Kedua,  Jawa Barat memiliki Mojang Priangan. Mojang priangan adalah sebutan bagi para gadis Sunda yang ada di Jawa Barat.

Mojang priangan dikenal sebagai gadis yang berwajah cantik, berperawakan semampai, dan berpenampilan anggun. Ciri lain mojang priangan adalah gaya bicaranya yang lembut dan memesona.

Di daerah lain juga tentu banyak gadis yang  cantik-cantik dan anggun-anggun. Namun mereka bukanlah mojang priangan, para gadis yang khusus ada di Jawa Barat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan