Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Non-Partisan.

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Menuju Pemilu 2024, Perjalanan Partai Ummat Masih Panjang

12 November 2020   19:55 Diperbarui: 12 November 2020   20:03 224 25 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menuju Pemilu 2024, Perjalanan Partai Ummat Masih Panjang
Partai Ummat (tribunnews.com)

Pasca kongres ke-5 PAN (Partai Amanat Nasional) di Kendari, Amien Rais santer dikabarkan akan membuat partai baru. Hal itu dikarenakan Amien Rais menyatakan sudah tidak sejalan lagi dengan para pengurus partai yang ia dirikan 22 tahun yang lalu itu.

Banyak orang kemudian membuat prediksi dan opini tentang nama partai baru bentukan Amien Rais itu. Banyak orang cukup yakin bahwa nama partai itu tetap akan "berbau" PAN. Nama yang santer disebut adalah PAN Reformasi.

Sebelum tanggal 1 Oktober 2020, orang masih ramai menyebut partai baru bentukan Amien Rais itu akan diberi nama PAN Reformasi. Akan tetapi semua pembicaraan itu terbantahkan oleh pernyataan langsung Amien Rais.

Tepat pada hari kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2020 Amien Rais membuat pernyataan di kanal Youtube "Amien Rais Official" bahwa nama partai baru yang ia bentuk, yang banyak dibahas dan banyak dibicarakan itu bernama Partai Ummat. Nama PAN Reformasi, dengan demikian hanya sebatas pembicaraan.

Nama Partai Ummat cukup memberi gambaran tentang "jenis kelamin" partai. Sepertinya Amien Rais ingin membidik segmen pemilih dari kalangan umat Islam.  

Bertepatan dengan momen hari pahlawan tanggal 10 November 2020, Amien Rais kembali membuat pernyataan tentang partai barunya. Kali ini Amien Rais menyampaikan logo partai.

Logo Partai Ummat berwarna dasar hitam. Sedangkan simbol dan nama partai berwarna kuning emas.

Simbol partai adalah perisai dengan simbol bintang di tengahnya. Perisai berwarna hitam dengan garis pinggir berwarna kuning emas. Sementara warna simbol bintang juga sama dengan warna garis pinggir perisai, yakni kuning emas.

Di bawah perisai dan bintang emas tertulis jelas nama partai yakni Partai Ummat. Nama partai juga berwarna kuning emas. Kontras dengan warna dasar logo partai yang berwarna hitam.

Logo Partai Ummat mirip dengan lambang sila pertama dari Pancasila, yang terpasang di dada burung garuda. Bedanya jika simbol perisai lambang sila pertama dari Pancasila yang terpasang di dada burung garuda tidak memiliki garis pinggir. Sementara simbol perisai Partai Ummat memiliki garis pinggir berwarna kuning emas.

Kendati nama dan logo partai baru bentukan Amien Rais dan para loyalisnya sudah ada, tapi tetap wujud partai itu masih belum jelas betul. Sampai saat ini partai itu belum ada pengurusnya. Jangankan susunan pengurus lengkap, ketua umum dan sekretaris partai pun belum ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN