Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Pembelajar. Penikmat Filsafat. Pemerhati SepakBola. Penonton Politik. Non-Partisan.

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Tentang Anies Baswedan di Kancah Politik

15 Februari 2020   21:55 Diperbarui: 16 Februari 2020   10:42 423 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tentang Anies Baswedan di Kancah Politik
metro.tempo.com

Anies Baswedan. Ya nama itu, saat ini merupakan nama yang paling banyak disebut, ditulis, dan dibahas orang. Di Kompasiana saja entah berapa banyak kompasioner yang sudah membahas nama Anies Baswedan.

Hampir di setiap momen apalagi ketika terjadi banjir di Jakarta, nama Anies Baswedan muncul menjadi tema banyak tulisan. Nama gubernur DKI Jakarta itu diakui atau tidak telah menjadi inspirasi tulisan atau bahasan bagi banyak orang. 

Dibandingkan dengan gubernur di daerah lain se-Indonesia menurut Google Trends, nama Anies Baswedan merupakan gubernur yang paling populer. Popularitas Anies berada di angka 70,73% jauh di atas gubernur lain seperti Ridwan Kamil (gubernur Jawa Barat) atau Ganjar Pranowo gubernur Jawa Tengah). Apalagi dengan gubernur selain dua gubernur itu (gubernur Jawa Barat dan Jawa Tengah) (https://kitakini.news/).

Menurut Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang, Anies Baswedan merupakan gubernur yang paling mendominasi pemberitaan media massa sepanjang tahun 2019 lalu.

Dalam paparan Rustika, Anies menghiasi sekitar 83.627 berita. Pernyataan Anies dikutip media sebanyak 190.574 pernyataan. Pemberitaan Anies banyak disorot terkait persoalan seputar DKI Jakarta, baik isu polemik maupun program kerja (https://rmco.id/).

Demikian pula hasil simpulan dari Direktur Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti.  Menurut Ray Rangkuti, Anies Baswedan merupakan salah satu sosok yang paling populer di Indonesia saat ini (https://nasional.kompas.com/).

Anies Baswedan memang tokoh yang paling populer saat ini. Akan tetapi populer belum tentu disukai. Ini terbukti dengan banyaknya komentar atau tulisan kontra Anies, yang selalu mem-bully, menyudutkan, atau bahkan menghujat Anies Baswedan.

Bagi sebagian orang sebaik apa pun yang dilakukan oleh Anies Baswedan, tak ada bagusnya. Selalu saja salah. Sebaliknya bagi sebagian orang yang lain yang pro Anies, setiap yang dilakukan oleh Anies Baswedan selalu ada saja argumentasi untuk membenarkannya.

Penulis dalam hal ini tidak mau terlibat ke dalam kelompok pro Anies atau kelompok kontra Anies. Sebab penulis bukan politikus atau pihak yang berkepentingan dengan masalah politik praktis.

Bagi penulis objektifitas adalah hal yang sangat penting. Siapa pun ketika memiliki kinerja bagus atau memberikan kontribusi yang baik patut diberikan apresiasi. Akan tetapi ketika ada hal-hal yang perlu dikritisi, maka kritik lah yang perlu disampaikan.   

Ada rasa penasaran di benak penulis, mengapa sebagian orang begitu "benci" terhadap Anies Baswedan ? Padahal dulu sebelum jadi gubernur DKI Jakarta, tak ada "pembenci" Anies seperti saat ini!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN