Mohon tunggu...
Wiwik WigarwatiSPd
Wiwik WigarwatiSPd Mohon Tunggu... Guru TK Melati Langensari

Guru TK Melati Langensari

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak melalui Media Flash Card

11 Juni 2021   13:40 Diperbarui: 11 Juni 2021   14:19 16 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam era pandemi seperti sekarang ini pendidikan harus tetap berjalan seiring dengan perkembangan teknologi. dampak dari virus covid 19 merubah cara belajar anak-anak khususnya Anak Usia Dini. berbagai konsep belajar diterapkan agar pendidikan tetap optimal, walaupun hasil tidak semuanya optimal karena kendala dari berbagai hal tergantung kondisi anak didik tersebut. konsep belajar sambil bermain tetap diterapkan. Meskipun minat dan belajar anak didik secara umum terkena dampak dengan diberlakukanya sistem belajar daring yang saat ini diterapkan untuk menyiasati dan menjadi solusi belajar di era pandemi. 

Sebagai pendidik melakukan berbagai hal agar pembelajaran dan penyampaian materi bisa dipahami anak, anak mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan indikator yang dirancang oleh guru. Daring sebagai alternatif belajar yang dipilih terkadang tidak optimal karena keterbatasan akses internet maupun keterbatasan ekonomi wali murid yang terkendala belum mempunyai android, penguasaan pengoperasian android belum baik, ada juga murid yang orang tuanya sibuk bekerja sehingga tidak bisa mendampingi anak ketika pembelajaran daring sehingga mengurangi minat anak dalam melakukan kegiatan  belajar. 

Guru juga mencari ide-ide dalam merancang pembelajaran  Anak Usia Dini Yang mencakup 6 aspek perkembangan sesuai dengan Permendikbud. adapun aspek yang dimaksud adalah Aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral, Fisik Motorik, Kognitif, Bahasa, Sosial Emosional dan Seni.  Dalam upaya meningkatkan kemampuan perkembangan anak dalam berbahasa permulaan salah satunya  yaitu dengan menggunakan media flash card. 

Flash Card adalah kartu yang digunakan untuk permainan yang didalamnya terdapat tulisan, huruf ataupun angka maupun gambar dengan warna yang menarik bagi anak. 

adapun manfaat bermain flash card yaitu:

1. Bermain Flash Card bisa menstimulasi otak anak. 

Bermain flash card sangat baik untuk anak-anak khusunya Anak Usia Dini, sel otak akan bekerja dia akan menyimak apa yang akan ditanyakan oleh guru tengkang kartu apa yang guru tampilkan, anak akan mencerna berpikir dan mengingat informasi yang telah disampaikan oleh guru. jika anak menangkap informasi dan menalar dengan baik, ketika otak anak tersetimulasi dengan  baik maka  kecerdasan anak ikut meningkat.

2. Bermain flash card dapat merangsang daya ingat Anak Usia Dini.

Ketika guru bertanya tentang gambar apa yang ada di kartu maka anak akan mengingat, apa yang pernah dilihat dan anak akan menjawab apa yang ditanyakan oleh guru. Hal ini secara otomatis merangsang daya ingat anak, anak akan berpikir tentang apa yang sudah diketahui dengan gambar yang telah diperlihatkan oleh guru dan menjawab apa yang ditanyakan oleh guru. 

3. Bermain flash card dapat meningkatkan rasa percaya diri anak.

Dengan bermain flash card dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. dilihat ketika anak ditanya oleh guru maka anak akan berebut menjawab, tingkat kepercayaan dirinya meningkat ketika melihat anak lain berebut menjawab. anakpun ikut aktif seiring pengetahuan yang di transfer oleh guru, bagaimana cara guru meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan sekreatif mungkin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN