Mohon tunggu...
Wiwi Fauziah
Wiwi Fauziah Mohon Tunggu... Mahasiswa

TNG/MLG | 💄 Beauty Blogger | 🧕🏻 Muslimah Fashion | owner @wimi_store | Qur’an and Tafsir Science

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kesalahan Penggunaan HP Bagi Kesehatan

4 Januari 2021   12:00 Diperbarui: 4 Januari 2021   12:00 100 2 0 Mohon Tunggu...

Pernahkan kita menyadari bahwa pengaruh Hp bagi kesehatan manusia itu sangat besat, terlebih lagi jika digunakan dengam cara yang kurang tepat, akan mengganggu faktor kesehatan yang ada didalam tubuh.

Melihat kondisi saat ini Hp sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan primer bagi masyarakat kita, karena berbagai kegiatan sudah bisa dilakukan cukup hanya melalui Hp saja. Tapi sadarkah kita banyak sekali kesalahan-kesalahan yang sering kita lalukan yang pengaruh dan dampaknya sangat berbahaya ketika kita menggunakan alat komunikasi berupa Hp tersebut.

Berikut ini beberapa kesalahan dalam penggunaan Hp yang bisa berdampak buruk untuk kesehatan, yaitu:

1. Tidur di Dekat Hp

Kesalahan yang pertama sering sekali kita menggunakan Hp dan lupa ketika tertidur untuk menjauhkannya dari tubuh kita. Bahkan terkadang sengaja kita dekatkan supaya ketika ada yang menghubungi baik menelpon atau sms dengan mudah bisa merespon. Hal ini secara tidak kita sadari merupakan kesalahan dalam penggunaan Hp yang dapat berdampat buruk untuk kesehatan yang selama ini tidak kita sadari.

2. Terlalu Lama Menatap Layar Hp

Yang kedua kesalahan yang sering sekali kita lakukan bahkan kadang tanpa kita sadari berdampak untuk kesehatan yaitu terlalu lama kita menggunakan Hp, saking lamanya sampai-sampai terkadang kita lupa waktu sudah berapa lama kita bermain Hp tersebut. Terlebih yang paling berbahaya yaitu ketika kita terlalu lama menatap layar Hp pada saat malam hari, selain radiasi yang ditimbulkan, faktor cahaya juga akan mempengaruhi penglihatan pada mata kita, ini akan banyak menimbulkan berbagai macam penyakit dan yang lebih parah bisa mengakibatkan katarak pada mata bahkan kebutaan. Jadi hati-hati ketika kita terlalu lama menggunakan hp dan terlalu lama melihat layar pada Hp kita masing-masing.

3. Kulit Sering Bersentuhan Dengan Hp

Secara tidak disadari dalam Smartphone kita mengandung transmisi kurang lebih 900 MHz yang dapat meninbulkan panas dan radiasi pada Hp. Dimana jika kita terlalu sering menggunakan Hp dengan cara menggenggamnya tentu akan terjadi sentuhan antara Hp dengan kulit. Walau belum banyak penelitian perihal gejala ini setidaknya kita menghindari terlalu berlebihannya penggunaan Hp dan juga menghindarkan dari seringnya terjadi sentuhan dengan kulit. Dikhawtirkan adanya kontak antara Hp dengan kulit kita bisa memicu terjadinya kanker pada tubuh, baik kanker saraf atau lain sebagainya.

4. Sering Meletakan Hp di Kantong Celana.

Kebiasaan ini tentu bukan hal yang asing lagi, sering sekali kita meletakan Hp di kantong celana atau baju ketika hendak berpergian atau melakukan sesuatu. Kebiasaan ini ternyata dianggap sesuatu yang salah dan dapat berdampak negatif untuk tubuh kita. Jadi sudah harus mulai untuk membiasakan tidak meletakan Hp di kantong celana ya!.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x