Mohon tunggu...
Wisnu RusllyP
Wisnu RusllyP Mohon Tunggu... Tulisan adalah perjuangan

.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Peranan Orang Tua terhadap Anak di Era Digital

12 Juni 2020   21:13 Diperbarui: 12 Juni 2020   21:13 65 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peranan Orang Tua terhadap Anak di Era Digital
istockphoto.com

Anak adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada seseorang. Rasanya tidak lengkap bahwa tanpa kehadiran seorang anak di dalan suatu keluarga. 

Ada yang beranggapan bahwa semakin banyak anak semakin banyak rezeki, dan ada juga yang beranggapan bahwa memiliki anak hanya menambah beban saja. 

Contohnya wanita di negara Jepang, sebagian dari mereka tidak ingin memiliki anak dikarenakan hanya menambah beban saja. Hal ini terbukti bahwa angka kematian di Jepang lebih tinggi dari pada angka kelahiran. Beda dengan halnya dengan negara Indonesia, pertumbuhan penduduk selalu meningkat setiap tahunnya. 

Sehingga Indonesia berada di urutan no. 4 dalam hal penduduk paling padat di dunia. Oleh karena itu pemerintah Indonesia menginstrusikan bahwa memiliki dua anak saja lebih baik, atau yang sering kita kenal dengan sebutan Keluarga Berencana (KB).

Berbeda dengan masyarakat tradisional yang ada di wilayah Indonesia. Mereka beranggapan seorang anak itu nilainya sangat tinggi. Sehingga masyarakat tersebut bisa memiliki lebih dari 4 anak bahkan bisa sampai memiliki 10 anak. Faktor ini lah yang menyebabkan pertumbuhan kelahiran di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahunnya.

Dengan perkembangan zaman yang semakin canggih. Masyarakat kurang memakai prinsip seperti ini lagi, walaupun masih ada saja yang mempercayainya. Masyarakat yang tinggal di daerah kota, bagi mereka memiliki 2 anak saja cukup. Karena mereka sudah memikirkan tentang kebutuhan anak-anaknya, baik itu pendidikan atau kebutuhan lainnya. Bagi masyarakat tradisional mereka kurang begitu mementingkan pendidikan karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun sudah kewalahan. 

Hal ini lah yang menyebabkan peran orang tua kurang terhadap anak-anaknya. Padahal peran orang tua itu sangatlah penting dalam mengurusi dan mengawasi anak-anaknya.

Tugas orang tua itu adalah mengajari serta membimbing seorang anak agar bisa mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak baik sesuai dengan nilai dan norma yang ada di masyarakat. Apabila hal itu tidak laksanakan maka akan terjadi perilaku menyimpang dari seorang anak. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyimpangan tersebut disebabkan oleh :

            Pergaulan bebas

            Broken home 

            Kurang perhatian orang tua

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x