Mohon tunggu...
Muhammad Wisnu Faisal
Muhammad Wisnu Faisal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa program studi Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pesona Karimun Jawa yang Tak Terlupakan

19 Juli 2022   22:17 Diperbarui: 19 Juli 2022   22:25 81 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Karimun jawa , terletak di kabupaten jepara jawa tengah  panorama keindahan sebuah wisata bahari dari sekian banyak potensi wisata yang ada di indonesia berada.

Pemandangan menawan yang ditawarkan membuat anda  tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk menikmati liburan di negara asing seperti Hawai,Maladewa maupun Karibia.

Memiliki total 27 pulau yang dimana 22 dari total pulau yang dimiliki belum berpenghuni sampai saat ini.Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengunjungi setiap pulau yang ada di karimun jawa karena jarak antara pulau satu dengan lainnya dapat ditempuh menggunakan kapal atau perahu yang tersedia disekitar pelabuhan karimun jawa  dengan pengelolaan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Pesona yang disuguhkan tidak kalah menarik dengan wisata kancah internasional.  Mulai dari pantai, perbukitan, mangrove serta wisata bahari lainnya.

Pulau Pulau yang tersebar disekitar karimun jawa memiliki daya tarik wisata dan kegiatan berbeda di setiap wilayah.Sebagai salah satu contoh yaitu pulau menjangan besar dengan estimasi waktu tempuh 15-30 menit dengan menggunakan kapal yang tersedia.

Dimana daya tarik wisata yang diunggulkan merupakan sebuah atraksi wisata ekstrem yang mungkin tidak semua orang akan berani mencoba melakukan kegiatan wisata ini.

Hiu, ya di pulau menjangan besar terdapat sebuah penangkaran hiu yang berbatasan langsung dengan laut lepas disekitar pulau menjangan besar. Anda dapat menikmati pengalaman yang sangat berkesan yaitu berenang secara langsung bersama ikan hiu yang ada dalam penangkaran,

Jangan khawatir karena hiu yang terdapat disini sudah jinak dan tidak membahayakan bahkan untuk keamanan terdapat beberapa masyarakat lokal yang akan memandu anda untuk berenang bersama hiu dengan tentunya peralatan yang memadai untuk menunjang kegiatan wisata ini.

Untuk Anda yang kurang suka dengan wisata bahari jangan khawatir,karena karimun jawa juga memiliki wisata trekking mangrove yang sangat mempesona dan menyejukkan dengan kurang lebih 62 jenis pohon mangrove yang ada. Dengan hanya membayar Rp 10.000 anda dapat menikmati semua fasilitas serta wisata yanga ada dihutan mangrove ini.

Seiring berkembangnya teknologi yang ada pada zaman sekarang tidaklah susah untuk menjangkau pulau karimun jawa. Mulai dari transportasi darat, laut serta udara dapat digunakan untuk menjangkau destinasi wisata satu ini.

Sedikit tips dan trik untuk anda yang ingin mengunjungi atau berlibur di karimun jawa jangan melewatkan beberapa hal penting seperti : 

  • Mengecek perkiraan cuaca melalui situ bmkg resmi karena jika ketinggian gelombang laut saat penyebrangan melebih batas maksimal ketinggian keberangkatan akan dibatalkan dimana hal ini dapat menyebabkan anda menunggu 1-2 hari agar dapat berangkat kembali

  • Usahakan mempersiapkan kelengkapan perjalanan dan menyusun keberangkatan dengan mengecek kembali ketersediaan transportasi secara detail agar tidak terjadi kehabisan tiket transportasi

  • Mempersiapkan beberapa obat-obatan karena cuaca dikarimun jawa sangat terik namun juga berangin kencang

  • Jangan melepas alas kaki ketika sedang bermain di pantai karena dapat menyebabkan kaki anda tertusuk terumbu karang atauapun benda lain yang dapat membahayakan kaki anda

  • Wajib mencoba makanan seafood yang tersedia disekitar alun-alun karimun jawa mulai dari kepiting,lobster,cumi-cumi dan lainnya.
  • Dan tips yang paling penting jangan lupa mendokumentasikan keindahan panorama yang ada di karimun jawa !!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan