Mohon tunggu...
Winda Putri
Winda Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Diponegoro

Hai, perkenalkan nama saya Winda Putri S dengan panggilan Winda. Saya dilahirkan dan dibesarkan di Jakarta. Sekarang sedang menjalankan perkuliahan di Univeristas Diponegoro Semarang.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kunjungi Lansia oleh Mahasiswa KKN UNDIP Menambah Pengetahuan

10 Agustus 2020   07:00 Diperbarui: 11 Agustus 2020   23:12 26 1 0 Mohon Tunggu...

Pegangsaan Dua, Kelapa Gading (09/08/2020)- Selama pandemi Covid-19, mahasiswa Universitas Diponegoro ditugaskan menjalankan KKN secara mandiri di daerah masing-masing. Melihat banyaknya lansia yang tinggal pada wilayah RW 019 Pegangsaan Dua, mahasiswa memutuskan untuk melakukan kunjungan kepada lansia-lansia dan melakukan edukasi perilaku pencegahan penyakit Covid-19. 

Terutama lebih rentannya lansia terhadap risiko penularan membutuhkan kewaspadaan yang lebih bagi lansia agar tidak tekena penyakit Covid-19. Edukasi bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin dimiliki para lansia mengenai pandemi Covid-19 dan perilaku pencegahannya. Selain edukasi, mahasiswa juga memberikan pamflet untuk dibaca lansia dan keluarga serta masker sekali pakai yang dapat dipakai oleh para lansia.

(Dokumentasi pribadi saat mahasiswa melakukan kunjungan lansia)
(Dokumentasi pribadi saat mahasiswa melakukan kunjungan lansia)

Program kunjungan ini mendapat dukungan dari RT dan RW setempat dan disambut baik oleh sebagian besar lansia, mahasiswa dipersilahkan masuk dengan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan memakai masker. 

Lansia yang sedang tidak dapat menerima langsung edukasi  digantikan dengan anak atau pengasuh dari lansia mengingat pentingnya edukasi perilaku pencegahan penyakit Covid-19 bagi lansia. Edukasi perilaku pencegahan penyakit Covid-19 yang diberikan meliputi anjuran pemilihan masker yang benar, cara menjaga kebersihan masker, protokol kesehatan yang berlaku, sampai ke cara-cara untuk menjaga daya tahan tubuh.

(Dokumentasi pribadi saat mahasiswa sedang melakukan edukasi)
(Dokumentasi pribadi saat mahasiswa sedang melakukan edukasi)

Melalui program ini diharapkan para lansia di wilayah RW 019 Pegangsaan Dua dapat meningkatkan pengetahuan mengenai cara mencegah penularan penyakit Covid-19 dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat walau berada dalam rumah. Dengan begitu diharapkan juga program ini dapat mengurangi bertambahnya pasien penyakit Covid-19 di Indonesia.

Oleh : Winda Putri S

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x