Mohon tunggu...
Windy dan Fabriyan
Windy dan Fabriyan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

-

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Canggihnya Teknologi Digital Masa Kini, Terobosan Aplikasi Pengolah Sampah: Octopus

22 Januari 2022   01:00 Diperbarui: 22 Januari 2022   01:03 86 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seperti yang kita ketahui bahwasanya permasalah utama yang ada diindonesia ini adalah SAMPAH. Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Mengapa membuang sampah tidak boleh sembarangan melainkan harus pada tempat sampah? Pertanyaan tersebut sering kali kita dengar dari seseorang yang tidak mengetahui apa sebab dan akibat dari menbuang sampah sembarangan.

Berikut ini adalah beberapa dampak yang disebabkan akibat buang sampah sembarangan :
1.Bencana yang kerap terjadi yaitu banjir yang dimana di akibatkan oleh tersumbatnya saluran-saluran air yang tentunya akibat dari membuang sampah sembarangan.
2. Lingkungan menjadi kotor dan sehingga bisa menimbulkan penyakit.
3. Aroma tidak sedap yang dikeluarkan dari sampah yang di diamkan selama beberapa hari menimbulkan ketidaknyamanan.

Kurangnya kesadaran dari setiap individu untuk membuang sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan merupakan suatu hal biasa yang sering kali kita jumpai. Maka dari itu pada era digital saat ini memberikan solusi untuk mempermudah manusia dalam melakukan berbagai hal hanya dengan melalui ponsel ataupun smartphone nya saja. Salah satu Aplikasi yang membantu mengelola sampah adalah, Octopus.


APA ITU OCTOPUS?
Octopus merupakan Salahsatu Aplikasi  yang sudah diluncurkan di Indonesia salah satunya Di Kota Makasar,Bali,Bandung dan seterusnya akan tersedia di semua Kota penjuru Indoneisia. Aplikasi ini memuat  tentang cara kelola sampah Non-organik tertentu, seperti popok,kaca,limbah plastik rumah tangga. Dengan adanya Aplikasi ini kita sebagai masyarakat bisa mencari tahu kegunaan perbedaan sampah yang kita miliki,tidak semata mata sampah tidak berguna,melainkan bisa menguntungkan bagi kita. 

Octopus ini memudahkan kita tentang kelola sampah,kita tidak perlu repot jika hendak membuang sampah.Setiap jenis sampah memiliki nilai point tersendiri,kita tinggal menukar sampah yang kita miliki kepada petugas Octopus tersebut sehingga kita dapat menerimaa point atau voucher sesuai dengan sampah yang kita miliki. Octopus ini membantu untuk mengubah gaya hidup masyarakat yang selalu mengabai sampah rumah tangga yang dihasilkan.

Banyak orang yang menganggap remeh masalah sampah. Akan tetapi hal ini merupakan suatu hal yang bisa dikatakan sangat serius untuk kehidupan dimasa yang akan datang. Proses daur ulang sampah menyelamatkan lingkungan dari berbagai ancaman yang dapat merugikan masyarakat dan dunia. Tindakan yang harus dilakukan masyarakat  ialah dengan cara mengurangi penggunaan kantong plastik, membawa kantong belanja sendiri, membawa botol minum sendiri, anti-penggunaan styrofoam, anti-sedotan plastik, dan lain sebagainya demi mengurangi sampah Non-organik.

Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan