Mohon tunggu...
Windi Rezeki Indah
Windi Rezeki Indah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UINSU Prodi Pendidikan Matematika KKN DR 10

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Apa Kabar dengan Matematika di Masa Pandemi?

15 Agustus 2020   01:07 Diperbarui: 15 Agustus 2020   01:12 22 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum dan selamat sesuai kamu membacanya ya
Nah, dimasa pandemi yang sedang menimpa hampir seluruh negara khususnya diindonesia tentu dong banyak meresahkan kita dalam beraktivitas seperti bekerja dan belajar yang harus dilakukan dirumah. Apa sih sebenarnya yang terjadi? Nah kita sedang dalam keadaan dimana negara kita sedang mengalami wabah yang sangat meresahkan apa itu? Ya benar wabah virus corona. Virus corona adalah virus yang menyerang system pernafasan khususnya paru-paru, virus ini berkembang dengan pertumbuhannya yang sangat cepat dan menimpa semua usia. Lalu bagaimana negara kita menyikapinya? Negara kita memberlakukan yang namanya lockdown bahkan kebijakan pemberlakuan PSBB (pembatasan sosial berskala besar). Tentu banyak dampak yang terjadi bahkan yang lebih parahnya sekolah ditutup, lalu bagaimana dengan pendidikan seperti ini. Tepat 16 Maret 2020 sekolah liburkan selama dua pekan bukan tanpa alasan diliburkan karena kebijakan physical distancing untuk memutus penyebaran wabah covid-19 memaksa perubahan dari pendidikan formal menjadi belajar dirumah dengan system online. Kegiatan pembelajaran dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta Kementrian Agama RI pembelajaran dilakukan secara online.
Lalu bagaimana kabar materi pembelajaran khususnya matematika nah tugas guru dong memutar 360 untuk mengajar secara online agar siswanya paham. Tak bisa dipungkiri bahwa seorang guru dimasa pandemi sangat dibutuhkan apalagi semua dilakukan secara online dari pemberian materi, penjelasan, pemberian tugas, bahkan penilaian dilakukan secara online. Guru harus dong paham yang namanya penggunaan teknologi salah satunya aplikasi yang sangat membantu dari Edmodo, zoom, Google Meet, Classroom bahkan seorang guru harus memudahkan siswanya dalam menerima pembelajaran salah satunya membuat video pembelajaran.
Membangun guru yang kreatif dan inovatif wah bagus dong apasih kreatif itu kreatif adalah membangun suatu ide lalu bagaimana dengan inovatif, inovatif adalah menciptakan sesuatu ide lalu menghasilkan sesuatu yang baru. Bagaimana dengan gurunya? Guru harus memberikan pembelajaran yang menarik agar siswanya tidak jenuh belajar dirumah misalnya seorang guru harus mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, memberikan tugas dengan memanfaatkan barang yang tidak digunakan menjadi bernilai dengan hasil karya kreasi siswa tersebut. Lalu bagaimana dengan matematika, matematika adalah ilmu pasti yang pastinya dihibungkan dengan berhitung, angka, rumus, bosan dong?. Nah sekarang jangan bingung matematika bukan hal yang menyeramkan bahkan menakutkan cara mudahnya dikehidupan sehari hari tentu menggunakan yang namanya matematika, dipekerjaan dalam bidang apapun tentu dong matematika, dalam belajar apalagi bahkan pelajaran bahasa Indonesia ada loh menghitung kamu lupa? Menghitung baca cepat dalam bahasa Indonesia tentu kita gunakan bahasa Indonesia asik bukan?
Matematika tidak sulit serius kamu cukup menguasai dasar, konsep, mengetahui bentuk soal, sering latihan mengerjakan soal, dan terakhir jangan mengeluh coba deh ikhlas dan sabar kamu pasti bisa. Semangat dong…
Tentu kamu membutuhkan seorang guru untuk lebih memahami ini tenang semakin canggihnya ilmu teknologi tentu banyak dong media yang bisa kamu gunakan dalam mempelajari ilmu matematika misalnya youtube nah belajar disini sangat membantu. saat kamu sedang pusing bingung sampe mau makan keinget tugas belum selesai nah paket internetnya gunakan melihat pembelajaran di youtube.
Ayo semangat dong ada tips ini dari saya biar matematika dirumah lebih seru
Perlunya usaha sadar bahwa belajar itu penting dan harus
Jangan lupa berdoa
Semangat belajar
Pahami materi apa yang kamu pelajari
Kerjakan soal dengan latihan terlebih dahulu
Tantang diri kamu untuk bisa mengerjakan soal
Manfaat waktu luang dengan belajar mengerjakan latihan
Kerjakan soal dengan tingkat pendidikan kamu
Usahakan diri kamu maksimal dalam menyelesaikan tahap sebelumnya insya allah kamu pasti bisa “ tidak ada usaha tanpa mengkhianati hasil”
Pesan dari saya mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Prodi Pendidikan Matematika peserta KKN DR 10 bahwa” Motivasi Terbesar Datang Pada Dirimu Yang Akan Membawamu Kearah Yang Lebih Baik, Hargai Kemampuan Diri Dan tetap Percaya Diri, Motivasikan dirimu Agar Bermanfaat Bagi Orang Lain”
Salam Matematika

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x