Mohon tunggu...
Windi Novita
Windi Novita Mohon Tunggu... Tentang dunia perkuliahan

Mahasiswa tingkat akhir

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

KKN UNS ERA COVID-19 Meningkatkan Pemahaman Tentang Covid-19

5 Agustus 2020   23:04 Diperbarui: 5 Agustus 2020   22:59 3 0 0 Mohon Tunggu...

(KARANGANYAR, 10 Juli 2020) Dalam rangka membantu penanggulangan Covid-19, Universitas Sebelas Maret (UNS) telah menyelenggarakan KKN UNS Era Covid-19 yang dilakukan 45 hari, mulai bulan Mei hingga Juni. Kegiatan KKN ini merupakan salah satu cara UNS menjalankan Program Pengabdian Kepada Masyarakat. Namun, tidak seperti KKN yang biasa dilakukan, pada masa pandemi ini KKN dilakukan secara individu oleh masing-masing mahasiswa UNS yang tersebar di berbagai daerah mencakup seluruh Indonesia. Salah seorang mahasiswa UNS dari Program Studi S1 Psikologi, Windi Tri Novita melaksanakaan KKN UNS Era Covid-19 tersebut di wilayah RT01/RW07 Kel. Kwangsan, Kec. Jumapolo, Kab. Karanganyar. “Saya bersyukur, berbagai kegiatan sosialisasi dan edukasi terkait Covid-19 dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat bantuan dari masyarakat sekitar yang sangat mendukung kegiatan ini” ujar Windi.

Kegiatan KKN yang dilakukan ini mengusung tema “Meningkatkan Pemahaman Tentang Covid-19 Dan Dampak Psikologis Yang Ditimbulkan”. Program yang dijalankan di antaranya adalah sosialisasi kepada masyarakat secara langsung mengenai info covid-19 dan cara pencegahannya. Kemudian, sosialisasi secara online maupun offline tentang cara mendapatkan info covid-19 dari whatsapp resmi milik pemerintah Indonesia. Kedua program ini dibuat agar masyarakat dapat lebih mengerti dan memahami dampak psikologis yang dapat timbul di masa pandemic covid-19 saat ini.

Kegiatan dalam bentuk offline dilaksanakan oleh mahasiswa di sekitar tempat tinggal masing-masing yang berupa edukasi cara mencuci tangan, penggunaan masker kain, cara mencuci masker kain, protokol New Normal, dan persebaran penyakit Covid-19. Tidak hanya memberikan edukasi, mahasiswa tersebut juga memberikan aksi nyata berupa pembagian masker kain , sabun cuci tangan, pembuatan pos cuci tangan di area publik yang disertai pemasangan poster mengenai cara cuci tangan menurut WHO, dan pemasangan banner mengenai protokol New Normal dan sosialisasi cara bedaptaasi dengan kehidupan Normal baru kepada seluruh warga RT01/RW07, kel. Kwangsan

Dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tersebut mahasiswa berharap masyarakat lebih memahami dan mematuhi protokol kesehatan agar terputusnya rantai penularan Covid-19 dan menekan angka penyebarannya, serta menanamkan kebiasaan kepedulian dan rasa syukur terhadap kesehatan.

VIDEO PILIHAN