Mohon tunggu...
Windha Safitri
Windha Safitri Mohon Tunggu... Guru - Public Relation

Allah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Persepsi Mahasiswa terhadap Kuliah Online

30 Juni 2021   17:41 Diperbarui: 30 Juni 2021   18:08 55 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Angka positif covid di Indonesia semakin tinggi sampai bulan Juni 2021 ini sudah mencapai 2,14 juta jiwa. Kegiatan belajar baik di SD,MI,SMP,MTS,SMA/K,MA bahkan Universitas yang sebelumnya terdapat kabar akan dilakukan pembelajaran secara tatap muka mulai bulan Juli kini harus ditunda kembali mengingat banyak sekali kasus positif yang menyerang orang dewasa dan anak-anak. 

Banyak kampus-kampus yang sudah merencanakan tatap muka meskipun belum full tapi harus diurungkan dan tetap kembali untuk kuliah online seperti sebelumnya. Banyak pro dan kontra dalam menjalani kuliah online ini apalagi tidak sedikit mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Pada kuliah online ini kebanyakan dosen hanya memberikan materi di forum belajar online dan mahasiswa mempelajari materi tersebut sendiri. Disini banyak mahasiswa yang hanya mendownload saja tanpa dibaca kembali, dan ada beberapa dosen yang jarang melakukan video call zoom untuk menjelaskan materi tersebut.

Selain materi ada juga beberapa tugas yang diberikan oleh dosen, tugas-tugas ini biasanya sudah di jadwalkan dalam proses pengumpulan dan teknis pengerjaannya seperti apa di forum estudy. Ada beberapa tugas yang dirasa kurang dimengerti oleh mahasiswa dikarenakan minimnya penjelasan dan juga metode pengaplikasiannya, mengakibatkan banyak mahasiswa yang minim akan pembekalan materi. 

Diantara banyaknya pro dan kontrak yang dirasakan oleh mahasiswa sendiri ada juga yang merasa kuliah online ini bagus apalagi untuk pekerja jadi kuliah ini tidak mesti dilakukan secara tatap muka jadi ketika pulang bekerja mahasiswa masih bisa untuk beristirahat dirumah masih bisa mengerjakan tugas-tugas dan forum nya yang lain dan juga lumayan untuk menghemat biaya dengan kuliah langsung tatap muka. 

Tetapi ada juga hal yang kurang disetujui dari kuliah online ini kurang setuju nya karena apa yang kita dapatkan tidak sebanding dengan nominal yang dikeluarkan kan, rata-rata ketika kuliah online ini hanya memberikan materi tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa dengan cara bantuan dari internet, tidak jarang ketika ada beberapa mahasiswa yang kurang mengerti dengan maksud dari tugas tersebut dan mencoba menanyakan kepada dosen secara chatting atau online atau diskusi grup tidak jarang penjelasan yang kurang dimengerti berakibat mahasiswa sendiri tidak paham apa yang ingin dikerjakan nantinya.

"Saya sebagai mahasiswa mengharapkan adanya kerja sama yang baik antara dosen dan mahasiswa agar tetap bisa memahami materi yang disampaikan meskipun lewat online, misal nya via video call Zoom agar kami paham dengan penugasan yang akan diberikan nantinya, jadi tidak hanya mendownload materi hanya untuk persyaratan absen saja melainkan dijelaskan secara garis besar atau detail nya seperti apa." Ujar Nurlaili R, Mahasiswi STIT Almarhalah Al-Ulya Bekasi

"Efektif dan Efisien kuliah online ini karena saya juga bekerja, jadi waktu untuk kuliah lebih fleksibel dan saya dapat menghemat biaya hidup dibanding kuliah tatap muka langsung. Cuma ya ngerasa juga masih minim pengetahuan dan pengalaman di kuliah karena dari awal masuk semester sampai sekarang sudah semester 3 dijalani secara online".  Ujar Yuliawati, Mahasiswi Bani Saleh Bekasi

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan