Mohon tunggu...
Winda Harminata
Winda Harminata Mohon Tunggu... Happy human

Jombang jawa timur

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Orangtua dalam Pendidikan Karakter Anak

21 Oktober 2020   18:02 Diperbarui: 21 Oktober 2020   18:05 9 1 0 Mohon Tunggu...

Peran orang tua dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak sangat penting, salah satunya mengajarkan cara berbahasa dalam pergaulan sehari-hari kepada anak. 

Tentunya masih banyak contoh lain yang bisa dikembangkan. Misal membiasakan menghargai hasil karya anak walau bagaimanapun bentuknya dan tidak membandingkan hasil karya anak dengan hasil orang lain. 

Keluarga dapat berperan sebagai langkah dasar untuk memulai langkah-langkah pendidikan karakter melalui pembiasaan bersikap dan berperilaku sesuai dengan karakter yang diharapkan yang disertai dengan teladan dan diperkuat dengan penanaman nilai. 

Anggapan bahwa pendidikan baru bisa dimulai setelah usia sekolah dasar, ternyata tidak benar, bahkan pendidikan yang dimulai usia taman kanak-kanakpun sebenarnya sudah terlambat.

Seperti yang di paparkan oleh  penelitian di bidang neurologi  Dr. Benyamin S. Bloom, seorang ahli pendidikan dari universitas Chicago, Amerika Serikat, mengemukakan bahwa pertumbuhan sel jaringan otak pada anak usia 0-4 tahun mencapai 50%  Artinya bila pada usia tersebut otak anak tidak mendapatkan rangsangan yang maksimal maka segala tumbuh kembang anak baik fisik maupun mental tidak akan berkembang secara optimal. Perkembangan anak dimulai sejak dalam kandungan, kehidupan anak dimulai saat sel telur dibuahi oleh sel sperma. 

Dari satu sel yang dibuahi, membelah secara berulang menghasilkan ribuan, jutaan, bahkan milyaran sel. Dari sel yang sama bentuk dan fungsinya berkembang menjadi sel yang bersifat khusus seperti sel syaraf, sel otot, sel darah, sel tulang. 

Sel-sel tersebut membentuk jaringan, seperti jaringan syaraf, jaringan otot, jaringan darah, jaringan epitel, dan jaringan tulang. Jaringan membentuk organ, seperti otak, jantung, mata, telinga, tangan dan kaki (Suyanto,2005).

Jadi peran  orang  tua dalam mendidik karakter anak  bukanlah hal  yang  sepele  karena  pendidikan adalah  modal  utama  yang  harus dimiliki  setiap  individu  yang  hidup agar  dapat  bertahan  menghadapi perkembangan  zaman. 

Peran  aktif  orang tua  tentu  saja  perlu  didukung  oleh komunikasi   yang baik  antara orang tua dan juga pihak sekolah. Jadi tidak hanya  peran  guru  dan  lingkungan yang penting tetapi  peran orang  tua juga memegang peranan yang sangat penting dalam prestasi belajar anak.

Pencanangan  pendidikan karakter  tentunya  dimaksudkan untuk  menjadi  salah  satu  jawaban terhadap  beragam  persoalan  bangsa yang  saat  ini  banyak  dilihat, didengar, dan dirasakan, yang mana banyak  persoalan  muncul  yang  di indentifikasi  bersumber  dari gagalnya  pendidikan.

VIDEO PILIHAN