Mohon tunggu...
Otomotif

Jimny Samurai, Jip Kecil yang Kembali Populer

13 Februari 2017   12:56 Diperbarui: 13 Februari 2017   15:10 0 0 0 Mohon Tunggu...
Jimny Samurai, Jip Kecil yang Kembali Populer
Jimny Samurai, Jip Kecil yang Kembali Populer

Kalian pasti tau dengan Suzuki Jimny kan? Mobil jip kecil 4X4 yang sempat ramai di jalanan Indonesia ini sebenarnya memiliki banyak seri, mulai dari seri pertama yang diproduksi pada 1970 hingga seri terbarunya yang masih diproduksi sampai saat ini. Namun salah satu seri yang paling populer adalah Jimny SJ413 yang pertama kali diproduksi pada tahun 1984. Model ini, merupakan model pertama yang dipasarkan di pasar Amerika Utara.

SJ413 atau yang populer disebut dengan Jimny Samurai menggendong mesin 1.300 CC 4 silinder dengan transmisi manual lima percepatan. Mesin tersebut dapat menghembuskan 66 hp. Dengan tenaga yang cukup besar dan sistem penggerak empat roda membuat mobil jip kecil ini tangguh melewati medan terjal serta berat. 

Selain itu mobil ini juga terkenal irit bahan bakar. Hal tersebutlah yang membuat Jimny Samurai saat ini kembali populer dikalangan off roader sebagai pilihan tunggangan mereka. Namun sayang, saat ini tidak banyak yang dalam kondisi baik.

Baru-baru ini, saya mendapatkan kesempatan untuk melakukan photo shot dengan sebuah Jimny Samurai. Jimny Samurai, yang kami temui berwarna biru muda dalam keadaan yang sangat segar. Menurut sang pemilik, ia sengaja membangun mobil ini untuk digunakan off road

Terlihat dari tampilan luarnya . Kaki-kaki mobil sudah ditinggikan, guna melibas medan yang tidak rata. Bull bar di bagian bemper berguna untuk melindungi bagian depan mobil dari benturan dengan benda keras. Ketika harus melewati sungai, mobil ini sudah dilengkapi dengan snorkel. Sehingga dapat dengan tenang melewati sungai atau genangan air tinggi. Tidak ketinggalan pula winch telah dipasang guna menghadapi kondisi yang tidak terduga.

Untuk ban, pemilik mempercayakan mobilnya untuk menggunakan Achilles Desert Hawk XMT. Menurutnya, ban tersebut memberikan performa yang stabil ketika menghadapi medan yang berat. Ia mengatakan bahwa pola telapak ban yang besar-besar, langsung terasa membuat mobilnya memiliki daya cengkram dan daya tarik yang mantap di medan yang sangat berat sekalipun. Selain itu ban ini diakui memiliki desain sidewall yang kuat. Sehingga tidak mudah sobek atau rusak oleh batu dan benda tajam lainnya.  

Itulah pengalaman yang saya dapat ketika bertemu dengan sebuah Jimny “Samurai” SJ413 dalam kondisi yang memikat hati.