Mohon tunggu...
WINA AHYANI
WINA AHYANI Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa

Experienced and well-developed skills in managing social media, digital marketing, graphic design, problem solving, training and development, interpersonal, and analytical thinking. Easy to adapt to new environment, likes challenges, hard worker, and always willing to learn new skills. I am energetic person with big vision and good planning to work as a team.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN REKOGNISI UPI 2022: Studi Independen Bersertifikat (SIB) Ecommerce Batch 2 di Power Academy

14 November 2022   07:32 Diperbarui: 14 November 2022   07:38 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menciptakan sebuah program yang bertujuan untuk mendorong mahasiwa untuk menguasai berbagai keilmuan sebagai bekal memasuki dunia kerja yaitu Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Program MBKM juga mewadahi kerjasama dengan mitra perguruan tinggi maupun non perguruan tinggi. Dalam hal ini, program MBKM memberi kesempatan untuk berkolaborasi antara lembaga pendidikan dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI) untuk menciptakan lulusan yanag unggul, kreatif, dan mandiri. Pembelajaran Kampus Merdeka memiliki pusat pada mahasiswa (student centered learning) yang sangat esensial. Implementasi MBKM dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk beradaptasi dengan budaya belajar yang berbeda di Institusi Pendidikan lain (Andari et al, 2021; Denny et al, 2022). Dengan program ini, tentunya dapat meningkatkan softskill dan hardskill mahasiswa yang siap menghadapi tantangan zaman.


Salah satu bagian dari program MBKM adalah Studi Independen Bersertifikat (SIB). SIB merupakan bagian program kampus merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Program ini diperuntukan bagi mahasiswa yang ingin menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang juga dicari oleh dunia usaha dan dunia industri. Salah satu mitra yang berkolaborasi dalam program ini adalah Power Academy, powered by Power Commerce Asia (PT Mitra Semeru Indonesia) yang mengajukan program SIB dengan berfokus pada bidang industri e-commerce. Studi Independen Bersertifikat E-commerce diajukan untuk meningkatkan kuantitas lulusanperguruan Tinggi di Indonesia yang lebih siap untuk bekerja di bidang e-commerce.


Kegiatan Studi Independen Bersertifikat E-Commerce diadakan oleh Power Academy, powered by Power Commerce Asia (PT Mitra Semeru Indonesia). Power Commerce Asia adalah e-commerce enabler terkemuka di Asia yang berbasis di Indonesia. Sebagai pelopor Omni-Channel di Indonesia, Power Commerce Asia menawarkan solusi dan layanan menyeluruh untuk memberdaya kan suatu merek, mengembangkan bisnis yang ada, dan membawa suatu produk ke pasar global. Power Commerce Asia menawarkan solusi untuk membantu suatu brand bergerak baik secara vertikal maupun horizontal dalam mengembangkan bisnis.


Industri E-Commerce telah tumbuh pesat sebagai sektor utama dari pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Survey dari Google, Temasek, dan Bain & Company e-Conomy SEA 2020 menggambarkan gross merchandise value (GMV) ekonomi digital Indonesia sebesar $44 miliar, mayoritas GMV disumbangkan oleh layanan e-commerce sebesar $32 miliar. Industri e-commerce telah menjadi mesin pertumbuhan bagi ekonomi digital dan perekonomian Indonesia secara luas. Peluang usaha yang tercipta oleh sektor e-commercedapat dinikmati oleh semua pelaku usaha dari berbagai skala usaha, jenis usaha dan ragam produk barang dan jasa.


Pertumbuhan industri e-commerce diperkirakan akan terus berlanjut, dan tahun 2025 GMV ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan tumbuh mencapai $124 miliar. Pertumbuhan ini akan terjadi di semua sektor usaha yang telah memanfaatkan perkembangan teknologi e-commerce. Power Commerce Asia mengambil bagian dalam pertumbuhan tersebut. Salah satu kendala yang dihadapi adalah tidak mudah mendapatkan talenta digital yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, meskipun Indonesia menghasilkan banyak sarjana Strata 1 setiap tahun.

dokpri
dokpri

Studi Independen Bersertifikat E-commerce diajukan untuk meningkatkan kuantitas lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia yang lebih siap untuk bekerja di bidang e-commerce. Metode pembelajaran adalah experience learning, dimana peserta didik belajar melalui proses mengimplementasikan materi yang diperolehnya di dalam berbagai tugas. Pemberian materi diberikan baik secara synchronous (antara lain dalam bentuk kuliah dan tanya jawab, diskusi kelompok, paparan hasil, semua melalui online meeting) dan asynchronous (antara lain dengan disediakannya materi baca, video ajar, dan soal latihan).


Studi Independen ini disusun untuk membangun tiga aspek peserta didik, yaitu aspek kognitif, afektif dan motorik. Pengembangan ketiga aspek tersebut dilakukan hingga kompetensi peserta didik mencapai tingkat menciptakan platform e-commerce. Kegiatan utama untuk pengembangan masing-masing aspek adalah: perkuliahan tatap muka, pengerjaan tugas berkelompok, dan pengembangan hardskill. Tugas terakhir peserta didik adalah perancangan berkelompok platform e-commerce dan pengajuan proposal investasi untuk platform tersebut.


Model pembelajaran SIB e-commerce terbagi menjadi tiga tahap. Dalam tahap pertama dan kedua mempelajari berbagai aspek dari e-commerce yang dikelompokkan dalam 13 kelompok modul. Pada tahap pertama dan kedua dilaksanakan pembelajaran satu arah di kelas, mentoring dua arah bersama mentor pembimbing setiap minggu, pengerjaan tugas, mentoring presentasi rutin setiap minggu dengan mentor presentasi.

Dalam tahap ketiga, semua hasil pembelajaran di tahap sebelumnya, diimplementasikan dalam project final (Capstone Project). Peserta memilih tipe project sesuai dengan minat mereka. Tipe project yang dapat dipilih adalah sebagai berikut:

1) Project pengembangan bisnis berbasis teknologi digital

2) Project pengembangan kompetensi sebagai profesional e-commerce dalam bidang Sumber Daya Manusia

3) Project pengembangan kompetensi sebagai profesional e-commerce dalam bidang Teknologi Informasi dan Data

4) Project pengembangan kompetensi sebagai profesional e-commerce dalam bidang Digital Marketing

5) Project pengembangan kompetensi sebagai profesional e-commerce dalam bidang Hukum

6) Project pengembangan kompetensi sebagai profesional e-commerce dalam bidang Customer Service

7) Project pengembangan kompetensi sebagai profesional e-commerce dalam bidang Operations

8) Project pengembangan kompetensi sebagai profesional e-commerce dalam bidang Akuntansi

9) Project pengembangan start-up digital


Model pembelajaran di tahap ketiga mencakup pengerjaan project, mentoring rutin dengan mentor pembimbing, pengerjaan tugas, mentoring tugas dengan mentor tugas, mentoring presentasi rutin setiap minggu dengan mentor presentasi.


Kompetensi yang akan dicapai oleh powerpeople dalam pembelajaran SIB e-commerce dilihat dari beberapa aspek yang dikelompokkan dalam 13 kelompok modul berikut :

1) Mindset/Cara Pikir

2) Komunikasi

3) Leadership & Long Life Learning

4) E-commerce

5) Pembuatan Produk/Jasa berbasis Teknologi Digital

6) Literasi Data dalam Bisnis

7) Keuangan dan Akuntansi

8) Manajemen Organisasi Bisnis/Startup Digital

9) Digital Marketing

10) Hukum E-Commerce

11) E-Commerce Platform & Technology

12) E-Commerce Data Management

13) Capstone Project


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun