Mohon tunggu...
Wimba Prastya
Wimba Prastya Mohon Tunggu... mahasiswa

menulis apa yang ingin di tulis

Selanjutnya

Tutup

Digital

Jurnaslisme Online Saat Ini

21 Februari 2019   18:40 Diperbarui: 22 Februari 2019   02:20 341 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jurnaslisme Online Saat Ini
Autonetmagz.com menjadi contoh jurnalisme saat ini (dokumen pribadi)

            Multimedia menjadi keharusan dalam sebuah karya jurnalistik, hal ini di karenakan masyarakat sudah terlalu bosan dengan membaca tulisan saja, mereka perlu suatu inovasi yang baru. 

Kreativitas menjadi kunci utama dalam karya jurnalistik, sebab dengan adanya kreativitas sebuah produk jurnalistik akan tetap laku dan tidak akan mati. 

Dahulu sebelum majunya teknologi pengemasan berita masih konvensional karena hanya berupa media cetak, di dalamnya terdapat gambar dan hanya tersedia format hitam putih saja, semakin berkembangnya alat cetak maka munculah koran cetak dalam format berwarna. Hadirnya koran berwarna disambut baik oleh masyarakat karena  pada masa tersebut masih jarang berita yang di muat lewat media online.

Jurnalisme saat ini

Sekarang semuanya telah berbeda, teknologi dan jaringan berkembang sangat pesat. Dengan jaringan online maka semuanya hanya dalam genggangman. 

Sifat multimedia pada jurnalistik online menjadikannya sebagai jurnalistik masa depan: wartawan tidak hanya menyusun teks berita dan menampilkan foto, tapi juga melengkapinya dengan suara dan gambar.

Dengan jurnalistik online pula, kini tidak ada lagi istilah "berita tidak dapat dipublikasikan" alias hanya menjadi arsip tulisan di komputernya, karena jika media tempatnya bekerja menolak memuat beritanya, ia dapat memuatnya di blog atau situs jejaring sosial. Selain itu, kini publik tidak lagi semata tergantung pada media-media konvensional untuk mengikuti perkembangan dunia. 

Berbagai data menunjukkan, pengguna internet dari waktu ke waktu terus tumbuh. Publik kian menjadikan media online sebagai rujukan utama ketika mereka membutuhkan informasi apa pun.

Jurnalisme online saat ini memiliki prinsip yang ringkas sebab para pengguna online lebih senang membaca dengan bobot yang rendah sehingga dibuat seringkas mungkin namun tetap padat, selanjutnya terdapat :

  1.  Adaptabillity yaitu dalam menyajikan berita/ informasi, harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi di bidang komunikasi.
  2. Scannabillity Situs/ laman web jurnalisme dituntut untuk memiliki sifat dapat dipindai, untuk memudahkan penbaca.
  3. Interactivity yaitu harus mampu memberikan keleluasaan pada pembaca untuk memberikan tanggapan.

Jurnalisme masa depan

Kemunculan media sosial juga menjadi wadah bagi khalayak untuk berbagi informasi. Maka, melalui media sosial dan portal berita online, muncul kegiatan jurnalistik baru yang disebut dengan Citizen Journalism (Jurnalisme Warga). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x